oleh

7 Kesalahan yang Kerap Dilakukan Saat Memasak Daging

Kabar6-Bagi sebagian orang, mengolah masakan berbahan dasar daging memang gampang-gampang susah. Tidak sedikit juga yang merasa bingung bagaimana mengolah daging yang tepat.

Hal yang sering dilupakan adalah mengetahui soal kesalahan memasak daging yang kerap terjadi. Melansir Insider, ada tujuh kesalahan memasak daging yang perlu dihindari. Apa sajakah itu?

1. Salah memotong daging
Memotong daging tak bisa sembarangan, tergantung pada jenis dan potongan daging yang digunakan. Daging pada akhirnya memang akan matang terlepas dari bagaimana cara Anda memotongnya. Namun, hasil masakan daging akan lebih sempurna jika memotong dengan teknik yang tepat.

2. Tidak membumbui dengan baik
Membumbui daging sebaiknya dilakukan sebelum dimasak, bukan setelahnya. Itu penting, terutama jika Anda tidak ingin membuat saus dengan bumbu yang rumit.

Menurut J. Kenji López-Alt dalam ‘Serious Eats’, Anda harus langsung menggarami steak sebelum memasaknya. Kemudian membiarkannya setidaknya 40 menit sebelum dimasak.

3. Daging dari lemari es langsung dimasak
Anda mungkin sering mengeluarkan daging dari lemari es atau freezer dan langsung memasaknya. Namun kebiasaan ini sebaiknya dihindari. Lebih baik daging beku yang baru diambil dari kulkas didiamkan dulu hingga mencapai suhu ruang.

4. Meletakkan daging yang sudah dimasak di piring yang sama dengan yang masih mentah
Piring bekas menaruh daging mentah sebaiknya jangan langsung dipakai untuk makanan matang, karena berpotensi terkontaminasi kuman. Seperti yang dicatat CBS News, kuman pada piring bekas daging mentah masih ada sampai piring dibersihkan secara menyeluruh.

Daripada mengambil risiko yang tidak perlu, cukup gunakan piring bersih untuk daging setelah dimasak. ** Baca juga: 5 Gejala Insomnia yang Sering Tidak Disadari

5. Langsung memotong daging matang
Usai memasak daging, baik setelah memanggangnya di oven, atau memasaknya di atas kompor, Anda harus mengistirahatkannya terlebih dulu sebelum memotongnya. Tidak perlu terlalu lama, cukup 5-15 menit saja, tergantung ketebalannya.

Mengolah daging dengan cara yang tepat akan membuat hasilnya maksimal.(ilj/bbs)

Berita Terbaru