oleh

7 Kebiasaan Sepele yang Ternyata Bisa Kontrol Nafsu Makan Anda

Kabar6-Tiap wanita tentu ingin memiliki berat badan yang ideal. Karena itulah, kaum hawa selalu berusaha untuk diet dengan berbagai cara. Mulai dari diet mayo, diet keto, diet vegan, dan berbagai cara lainnya.

Menjalankan program diet memang tidak salah. Namun untuk menurunkan berat badan, Anda juga dapat melakukannya dengan mengontrol nafsu makan. Melansir Popbela, ada tujuh kebiasaan sepele yang ternyata bisa mengontrol nafsu makan Anda. Apa sajakah itu?

1. Gosok gigi
Menggosok gigi di pagi dan malam hari memang merupakan kebiasaan rutin. Namun menggosok gigi setelah makan juga dapat mengontrol nafsu makan. Usai menggosok gigi Anda akan memiliki sugesti kalau gigi sudah bersih, sehingga malas rasanya untuk kembali mengunyah sesuatu.

2. Minum air mineral
Mengonsumsi air putih dengan porsi yang sesuai sangatlah baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Nah, cobalah mengonsumsi dua gelas air mineral 30 menit sebelum makan. Dengan begini, perut akan lebih terisi dan lebih cepat kenyang, sehingga nafsu makan terkontrol dengan baik.

3. Sarapan
Dengan sarapan, Anda akan memiliki nafsu makan yang terkontrol dengan baik saat makan siang, dan tidak makan berlebihan yang akan membuat berat badan jadi naik.

4. Hirup aroma peppermint
Sebuah penelitian menunjukkan hasil riset, dengan menghirup aroma peppermint, dapat membuat Anda lebih cepat kenyang, sehingga dapat mengontrol nafsu makan dengan baik.

5. Makan tepat waktu
Pastikan jangan sampai terlewat atau menunda waktu makan hingga merasa lapar. Hal ini justru akan membuat nafsu makan Anda jadi tidak terkendali.

6. Tidak begadang
Begadang dapat membuat nafsu makan tidak terkendali. Dengan begadang, Anda akan sulit mengontrol nafsu makan. Jadi, energi yang terbuang saat begadang akan tergantikan dengan rasa lapar yang tidak dapat dihentikan. ** Baca juga: Sering Bangun Terlalu Siang Tidak Baik untuk Kesehatan

7. Mindful eating
Mindful eating berarti makan dengan sangat menikmati dan menghayati. Makan perlahan dan tidak terburu-buru tentunya dapat membuat Anda lebih menikmati makanan. Selain itu, hindari melakukan aktivitas lain saat makan. Fokuslah dengan apa yang Anda makan, dan menikmati setiap gigitannya.

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru