oleh

7 Jenis Makanan yang Mengandung Lemak Sehat

Kabar6-Pada dasarnya, manusia membutuhkan beberapa makanan berlemak untuk menjaga keseimbangan tubuh. Lemak memberikan energi bagi tubuh, menjaga kulit dan rambut sehat, membantu Anda menyerap vitamin tertentu, bahkan bisa membantu tetap hangat saat cuaca berubah menjadi dingin.

Karena itulah penting bagi Anda untuk memilih jenis lemak. Hindari konsumsi lemak jenuh yang umumnya ditemukan dalam produk hewani dan beberapa minyak nabati. Sementara itu lemak tak jenuh adalah lemak yang dibutuhkan tubuh, yaitu lemak dengan kandungan omega 3 dan omega 6 lemak yang terkenal. Keduanya dianggap asam lemak esensial, karena tubuh kita tidak dapat menghasilkan lemak sendiri.

Lemak tak jenuh ganda (poly-unsaturated fatty acids) dapat membantu kolesterol total yang lebih rendah, sementara lemak tak jenuh tunggal (mono-unsaturated fatty acids) dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan menurunkan LDL (kolesterol jahat), dan merupakan dua jenis lemak yang tepat bagi tubuh.

Apa saja sih beberapa jenis makanan yang kaya akan lemak sehat dan tepat untuk tubuh? Melansir beberapa sumber, berikut tujuh jenis makananyang dimaksud:

1. Ikan
Salmon memiliki kandungan hampir empat gram monounsaturated dan polyunsaturated sekira 2,5 gram. Selain salmon, lemak sehat juga ada pada tuna dan sarden.

2. Alpukat
Buah yang satu ini adalah salah satu sumber terbaik lemak dengan kandungan omega 3 yang sangat baik. Alpukat juga bisa menjadi pengganti mayonais dalam sandwich.

3. Kacang-kacangan
Kenari mungkin pilihan terbaik karena kandungan lemak yang mampu membantu jantung menjadi sehat. Mengonsumsi kacang bisa dengan berbagai cara, namun ada baiknya untuk mengonsumsi kacang tanpa garam, karena kandungan garam yang tinggi akan mengubah kandungan lemak pada kacang dan tidak baik bagi keseimbangan tubuh.

4. Biji
Biji labu, biji wijen, dan biji bunga matahari, adalah beberapa jenis biji yang memiliki kandungan untuk menurunkan kolesterol jahat pada tubuh. Beberapa di antara biji tersebut mengandung antioksidan yang mampu memberikan keseimbangan dan energi tubuh sepanjang hari.

5. Telur
Telur adalah sumber protein yang murah dan dapat mengandung kurang dari lima gram lemak sehat. Beberapa telur juga diperkaya dengan tambahan omega-3, namun Anda perlu mengonsumsinya secara tepat. Ahli kesehatan menyarankan manusia mengosumsi satu telur dalam sehari agar mendapatkan lemak yang seimbang bagi tubuh.

6. Sayur-sayuran
Sayuran hijau, seperti bayam dan kubis, merupakan sumber omega-3 dan memiliki kandungan lemak yang tepat bagi tubuh. Hal ini tentunya kabar baik bagi para vegetarian, karena dengan mengonsumsi sayur-sayuran, mereka tetap mendapatkan lemak yang sehat bagi tubuh.

7. Minyak zaitun
Minyak zaitu memiliki kandungan menyehatkan bagi tubuh karena rendah kolesterol. Meskipun memiliki kandungan lemak sebesar lima gram, namun tetap menyehatkan tubuh Anda. ** Baca juga: Kenali Tambahan Kalori Tersembunyi dalam Kopi yang Harus Diwaspadai

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru