oleh

7 Jenis Makanan Berikut Ternyata Punya Waktu Santap yang Tepat, Lho

Kabar6-Apa yang Anda konsumsi akan berpengaruh besar pada kesehatan tubuh. Namun tahukah Anda, ternyata ada waktu tertentu yang tepat dan lebih sehat untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan?

Sebuah penelitian mengungkapkan, mengonsumsi makanan tertentu pada waktu yang tepat akan membantu Anda memperoleh manfaat kesehatan yang maksimal dari makanan tersebut. Dikutip dari berbagai sumber, berikut tujuh jenis makanan yang dimaksud:

1. Cokelat
Cokelat tidak baik dikonsumsi sepanjang waktu dalam sehari. Konsumsilah cokelat hanya pada saat sarapan dengan porsi wajar atau cukup satu potong saja. Mengonsumsi cokelat dalam sehari penuh sama artinya Anda sedang ‘menabung’ lemak dalam tubuh.

2. Daging
Waktu yang tepat untuk mengonsumsi daging adalah saat siang hari, karena jenis makanan ini kaya akan zat besi yang mampu memberikan oksigen pada sel-sel tubuh dan organ tubuh lainnya. Hal ini tentu dapat meningkatkan energi tubuh dan membuat Anda terhindar dari penyakit setelah lelah bekerja. Namun bila dikonsumsi lima jam sebelum tidur, bisa mengganggu sistem pencernaan tubuh.

3. Kacang-kacangan
Mengonsumsi kacang-kacangan saat siang hari sangat dianjurkan karena bisa memasok asam lemak omega-3 ke dalam tubuh, yang dapat melancarkan peredaran darah, menyeimbangkan tekanan darah dan menyehatkan paru-paru. Tidak disarankan mengonsumsi kacang-kacangan saat waktu makan malam, karena bisa menambah berat badan.

4. Pasta
Pasta kaya akan serat yang bagus untuk membuang racun dalam tubuh. Menurut penelitian, pasta mampu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 hingga 40 persen. Jadi pasta sangat cocok dikonsumsi saat sarapan atau makan siang. Namun jika dikonsumsi pada malam hari, pasta bisa menambah berat badan karena tinggi kalori.

5. Pisang
Pisang juga kaya akan serat yang baik untuk meningkatkan sistem pencernaan dan ampuh untuk mengatasi sakit maag. Namun pisang tidak baik dikonsumsi saat malam hari karena bisa mengganggu sistem pencernaan selama tubuh sedang beristirahat ketika tidur. Selain itu, pisang juga bisa meningkatkan produksi air lendir.

6. Gula
Makanan yang mengandung gula bagus dikonsumsi saat pagi hari karena kaya akan kalori yang bisa memasok energi untuk beraktivitas seharian penuh. Namun jangan mengonsumsi makanan yang mengandung gula pada saat malam hari karena bisa membuat berat badan bertambah.

7. Nasi
Nasi sebaiknya disantap saat sarapan dan makan siang karena kaya akan karbohidrat yang bisa memasok energi untuk tubuh. Namun jangan mengonsumsi nasi sebelum tidur karena bisa menambah berat badan. ** Baca juga: Kentang Berwarna Hijau Berbahaya?

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru