oleh

7 Cara untuk Turunkan Kadar Estrogen pada Wanita

Kabar6-Hormon estrogen secara khusus berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan organ seksual wanita. Hormon ini diproduksi oleh indung telur, jaringan lemak, dan kelenjar adrenal. Segala tahap dalam kehidupan wanita, mulai dari pubertas, menstruasi, kehamilan, hingga menopause, tidak lepas dari peran hormon estrogen.

Pada saat hormon estrogen meningkat pada seorang wanita dibandingkan kadar hormon lain seperti progesteron, akan terjadi gejala yang tidak diinginkan seperti ketidakteraturan menstruasi, peningkatan berat badan, dan bisa terjadi sakit kepala.

Efek berbahaya lainnya dari dominasi estrogen, termasuk peningkatan risiko penyakit fibrokistik dan kanker payudara. Nah, bagaimana cara mengurangi kadar estrogen pada wanita dan menjaga keseimbangan hormonal? Melansir newhealthguide, berikut uraiannya.

1. Kurangi konsumsi alkohol
Minum terlalu banyak alkohol dapat merusak fungsi hati. Karena estrogen dimetabolisme oleh hati, gagal hati akibat konsumsi alkohol berlebihan dapat menyebabkan kadar estrogen meningkat.

2. Konsumsi makanan organik
Pestisida dan bahan kimia lain yang digunakan dalam produksi pangan memiliki efek seperti estrogen ketika diserap oleh tubuh. Hindari paparan efek ini dengan makan produk makanan organik dan mengurangi konsumsi daging.

3. Kurangi produk susu
Susu sapi menyumbang hingga 80 persen dari estrogen yang dikonsumsi dari makanan. Hal ini karena sapi sering diperah ketika tingkat estrogen mereka tertinggi (selama kehamilan).

Estrogen ini ditemukan dalam susu dan dapat meningkatkan pertumbuhan tumor pada rahim dan jaringan payudara jaringan. Untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara dari meningkatnya kadar estrogen. Sebagai gantinya, cobalah untuk konsumsi susu almond atau susu kacang sebagai pengganti susu sapi.

4. Konsumsi makanan mengandung serat lebih banyak
Diet kaya serat dapat membantu menurunkan kadar estrogen. Untuk membantu menurunkan estrogen dalam tubuh, makan lebih banyak buah, sayuran, dan biji-bijian. Beberapa pilihan terbaik adalah apel, seledri, buah, oatmeal, kacang-kacangan.

5. Olahraga
Sebuah penelitian menunjukkan, olahraga yang teratur dapat membantu mengurangi kadar estrogen yang tinggi. Olahraga tidak hanya akan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan, tetapi juga mengurangi kadar estrogen Anda.

6. Konsumsi makanan yang mengandung sulfur
Makanan yang mengandung sulfur dapat membantu dalam detoksifikasi hati, karena dapat membuang racun seperti pestisida dan obat-obatan yang merusak hati, sehingga meningkatkan efisiensi organ dalam menyaring zat berbahaya dari darah. Makanan ini termasuk bawang, sayuran hijau, bawang putih, dan kuning telur, limau, lemon, bayam dan sayuran hijau.

7. Hindari sejumlah makanan seperti kafein, makanan berlemak tinggi, dan makanan manis dapat meningkatkan kadar estrogen. ** Baca juga: Minum Air Putih Bantu Kurangi Stres?

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru