oleh

67 Siswa TK Diberi Pelatihan Mitigasi Bencana Basarnas Banten

Kabar6-Sebanyak 67 siswa dari Taman Kanak-kanak (TK) Kusuma, Desa Serdang, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, berkunjung ke Basarnas Banten. Sejak dini, mereka diperkenalkan cara menghadapi bencana alam seperti gempa bumi hingga tsunami.

“Pengenalan Basarnas, pengenalan kalau terjadi gempa, banjir, tsunami,” kata Galih Kusno Adi, personil Basarnas Banten yang mendampingi anak-anak TK, Kamis (12/03/2020).

Mereka juga diperkenalkan berbagai macam alat evakuasi yang dimiliki Basarnas Banten. Pelatihan SAR atau mitigasi bencana sejak dini sangat bermanfaat dalam kesiap siagaan jika terjadi bencana alam sewaktu-waktu. Sehingga mengurangi resiko terjadinya korban jiwa.

“Mengenalkan alat-alat evakuasi dan pengenalan SAR sejak dini,”terangnya.

Aktifitas Basarnas yang penuh tantangan dan selalu terlibat dalam pertolongan korban maupun bencana yang berbahaya, menjadi perhatian tersendiri bagi siswa TK Kusuma kelas A dan B. Mereka tampak tertarik dan serius memperhatikan penjelasan apa itu Basarnas dan tugas-tugasnya.

**Baca juga: Gerindra Banten Deklarasikan Prabowo Tetap Pimpin Gerindra.

Terlebih saat dikenalkan dan diberi tahu peralatan yang dimiliki oleh Basarnas Banten, mereka sanbat antusias ketika bisa menaiki truk yang biasa digunakan untuk membawa personil Basarnas ketika melakukan tugas pencarian dan pertolongan.

“Pengenalan alat-alat SAR, sepert exsavator, alat ekstrikasi, alat komunikasi pakai radio,” jelasnya. (Dhi)

Berita Terbaru