oleh

621 Warga Tangsel Gagal Umroh, Termasuk Kepala DLH

Kabar6-Kepala Kanwil Kementerian Agama Kota Tangerang Selatan (Tangsel), KH Abdul Rojak mengungkapkan, ada sebanyak 621 orang jamaah umroh gagal menunaikan ibadah ke tanah suci. Hal itu akibat Pemerintah Arab Saudi menolak kedatangan mereka demi mencegah penularan virus corona.

“Salah satu peserta umroh yang gagal berangkat dari Tangsel adalah Kadis LH Pemkot Tangsel Pak Toto dan keluarga,” ungkapnya saat dikonfirmasi kabar6.com, Sabtu (29/2/2020).

Ia memastikan, total jumlah tersebut diketahui berdasarkan surat rekomendasi umroh yang sudah masuk di kantor Kemenag Kota Tangsel. Tercatat selama Januari hingga Februari 2020 ada 621 warga setempat yang dijadwalkan umroh.

“Adapun yang sudah berangkat dan yang belum berangkat datanya ada di travel biro umroh masing-masing,” jelas Rojak.

Ia mengingatkan kewajiban para travel dan biro umroh untuk tetap memberangkatkan jamaah umroh sampai diperbolehkan lagi. Alasannya, karena itu menjadi tanggung jawab pihak travel dan biro umroh.

**Baca juga: Billboard Bang Ben dan Pilar ‘Mejeng’ di 70 Titik.

Selanjutnya, lanjut Rojak, langkah kantor Kemenag Tangsel adalah melakukan pengawasan terhadap tihak travel dan biro umroh. Hal yang paling penting adalah melakukan pembinaan kepada jamaah umroh untuk bersabar.

“Tidak emosional serta tawakkal kepada Allah. Penundaan umroh ini sebetulnya utk melindungi jamaah umroh dari penyakit corona,” jelasnya.(yud)

Berita Terbaru