oleh

60 Titik Rawan Macet di Tangsel Diawasi 115 Petugas

Kabar6-Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), menyebar ratusan personel pengendalian operasional (Dalops) lalu lintas pada perayaan Natal dan Tahun 2013. Dari ratusan personel ini 35 diantaranya merupakan tim Unit Reaksi Cepat (URC) yang mengendari motor trail.

“Ada 115 personel yang kami turunkan.
Peran dan upaya mereka sangat diperlukan untuk membantu masyarakat,” ungkap Kepala Dishubkominfo Kota Tangsel, Mursan Sobari, Sabtu (22/12/2012).

Mursan memaparkan, hasil observasi pihaknya diketahui di tujuh kecamatan di Kota Tangsel terdapat 60 titik rawan kemacetan. Seperti di kecamatan
Serpong ada 10 titik, Serpong Utara 7 titik, Ciputat 8 titik dan lain sebagainya. Petugas yang bertugas dilapangan juga diinstruksikan agar terus berkoordinasi dengan aparat TNI/Polri dan Satpol PP setempat.

Bertepatan dengan perayaan Natal, tambah Mursan, penempatan personel Dalops lalu lintas difokuskan di gereja-gereja. Ada 7 gereja besar yang menurutnya dapat menampung jemaat dalam jumlah banyak. Sehingga arus lalu lintas kendaraan disekitar tempat ibadah tersebut perlu diatur karena berpotensi terjadi penumpukan.

“Segala persiapan sangat dibutuhkan
karena hirul pikuk dan aktivitas sangat luar biasa. Dalops yang biasa operasi bisa berperan aktif, diharapkan bisa meminimalisir dengan membantu mengurai titik kemacetan,” papar Mursan, saat memimpil Apel Siaga Natal dan Tahun Baru 2013 di halaman kantornya.

Ia menginstruksikan kepada koordinator dan pimpinan bidang terkait agar
membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) bagi tim URC. Pihaknya telah menyiapkan personel URC 35 unit dan daftar nama petugas yang ada di masing-masing wilayah telah dikantonginya.

“Ketika saya hubungi (ada laporan terjadi penumpukan kendaraan) segera lakukan (mengatasi dan meminimalisir), yang penting punya niat. Bekerjalah dengan sebaik-baiknya. Mudah-mudahan semuanya bisa berjalan aman dan nyaman,” tegas Mursan. (yud)

Berita Terbaru