oleh

6 Olahraga yang Dijuluki Terunik di Dunia

Kabar6-Ada banyak olahraga yang sudah sering dipertandingkan atau dilombakan, mulai dari tingkat nasional maupun internasional. Antara lain seperti sepak bola, tenis, bola voli, dan bulu tangkis.

Ternyata, di luar olahraga yang sudah sering didengar dan dilihat, terdapat beberapa jenis olahraga yang disebut terunik di dunia. Melansir Medcom, ini dia enam olahraga yang dimaksud:

1. Catur Tinju
Olahraga yang ada sejak 1992 lalu mengombinasikan kekuatan otot dan otak. Jadi, setelah bermain catur sekira empat menit, kedua pemain lalu beradu jotos di ring tinju.

2. Putaran Keju
Setiap musim semi, masyarakat Gloucestershire melempar keju yang berbentuk seperti roda di bukit Cooper Hill dan mengejarnya hingga terguling-guling.

Keju tersebut bisa menggelinding hingga 70 meter per jam dan sering membuat para pengejarnya cedera. Namun karena alasan keamanan, lomba tersebut dibatalkan pada 2010.

3. Balapan Snowmobile
Olahraga ini dipopulerkan di tempat yang terdapat banyak salju. Misalnya Midwest Amerika, Alaska dan Skandinavia. Para pembalapnya bakal beradu kecepatan di lintasan salju sejauh 500 meter.

4. Perahu Layar Es
Olahraga asal Amerika Serikat ini menggunakan perahu layar yang beralaskan alat ski. Lomba ini terinspirasi dari lalu lintas kapal es tradisional yang biasanya mengirim barang di danau beku pada abad ke-19. Kini, perahu layar es bisa digunakan untuk rekreasi maupun balapan.

5. Balapan Unta
Olahraga ini diketahui berasal dari Timur Tengah dan India. Namun makin populer dan mendunia setelah bergulir di Alice Springs, Australia. Sekilas, balapan unta mirip dengan lomba balap kuda yang mengunakan joki.

6. Gulat Jempol Kaki
Kejuaraan dunia gulat jempol kaki pertama kali diadakan di Derbyshire, Inggris pada 1976 silam. Olahraga ini dimainkan dengan mengunci jari kaki dan memaksa kaki lawan jatuh ke tanah seperti layaknya adu panco. ** Baca juga: Ditemukan Air pada Planet Baru Bernama K2-18b yang Layak Huni

Benar-benar unik.(ilj/bbs)

Berita Terbaru