oleh

590 Balon Kades di Kabupaten Tangerang Lolos Tes

Kabar6-Sebanyak 590 bakal calon (Balon) Kepala Desa (Kades) dinyatakan lolos tes tertulis dan pengetahuan dasar yang digelar di Indoor Stadium Sport Centre Kelapa Dua, Selasa (8/10/2019) lalu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang menyatakan Hidayat Nuryasin mengatakan, hasil rekapan test hard copy akan diserahkan kepada para panitia penyelenggaraan pilkades.

“Kita semua transparan, tidak ada yang disembunyi-sembunyikan, kita kasih rekapannya komplit kepada parapanitia, lalu nanti para panitia diminta untuk memberikannya kepada para bakal calon, agar mereka yang tidak lolos bisa mengerti,“ ucap Hidayat Nuryasin kepada wartawan, Kamis (10/10/2019).

Menurut Hidayat, Pilkades tahun 2019 ini merupakan pilkades dengan peserta terbanyak di Kabupaten Tangerang. Terkait tes pemilihan kepala desa, Hidayat mengaku hanya memfasilitasi. Penilaian tes dilakukan panitia independen yakni dosen dari Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN). Setelah dilakukan pemeriksaan hasil tes, secara otomatis nilai terkecil akan diskualifikasi.

Dalam tes tertulis, para bakal calon kepala desa diberikan 3 kali tahapan. Setelah dilakukan tes tertulis akan dilakukan pembentukan nomor urut sesuai peringkat.

“Selasa kemarin dilakukan tes tertulis dan kemampuan dasar. Tes ke 1 ada 50 soal B.S, Tes ke 2 150 soal pilihan ganda (PG), tes ke 3 ada 4 soal essay,” ujarnya.**Baca juga: Pansel: PDAM TKR Buka Lowongan Jabatan Direktur Teknik.

Hidayat mengatakan, para calon kepala desa yang berhak dipilih nantinya diberikan pembekalan wawasan kebangsaan. Menurut dia, untuk saat ini calon kepala desa belum diperbolehkan untuk melakukan kampanye. Dia juga berharap kepada 60 calon kepala desa yang gagal bisa menerima dengan lapang dada.

“Pada tanggal 25 bulan November akan dimulai kampanye untuk para calon kepala desa tetap, sampai dengan tanggal 27. Sementara pada 28 sampai 30 November diadakan masa tenang, untuk yang lolos ke tahap selanjutnya. Saya ucapkan selamat kepada yang lolos, sementara yang belum lolos semoga bisa menerima bisa dengan lapang dada,” pungkasnya.(Vee)

Berita Terbaru