oleh

550 Pasien Diobati & Disunat Gratis di RSUD Tangsel

Kabar6-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangsel menggelar pengobatan dan sunat gratis. Sedikitnya, ada 500 pasien dan 50 orang anak diobati dan disunat secara gratis, Selasa (27/11/2012).

Kegiatan bakti sosial (Baksos) itu diselangarakan dalam rangka meresmikan Layanan NICU di RSUD tersebut serta memperingati hari jadi Tangsel yang ke 4.

“Pada HUT Tangsel ke-4 ini, kami ingin mendekatkan diri kepada masyarakat Tangsel. Salah satunya melalui kegiatan bakti sosial. Bersamaan dengan itu juga kami aktifkan secara resmi layanan NICU (Neonatal Intensive Care Unit) di RSUD ini,” kata Neng Ulfa, Direktur RSUD Kota Tangsel di Jalan Raya Pajajaran, Pamulang.

Menurut Neng Ulfa, Sesuai dengan motto RSUD Tangsel, yaitu Melayani Sepenuh Hati, pihaknya akan terus berupaya untuk melakukan yang terbaik bagi masyarakat setempat. “Hal ini tentunya juga dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kota Tangsel,” katanya.

Kepala Bidang Pelayanan Medis Erna Sabarina menambahkan, bertepatan dengan kegiatan Baksos. RSUD Kota Tangsel juga mulai meresmikan pelayanan NICU. Dimana layanan itu merupakan pelayanan khusus bagi bayi yang membutuhkan perawatan intensif.

“Pelayanan ini dilandasi atas adanya kebutuhan akan pelayanan NICU bagi masyarakat yang terjangkau,” jelas Erna.

Erna memaparkan, pelayanan yang diberikan meliputi resusitasi neonatus, pelayanan bayi yang lahir dengan usia kehamilan 32 minggu atau lebih.

Selain itu, layanan juga diberikan kepada bayi yang memiliki berat 1500 gram atau lebih yang memiliki kelainan seperti, sesak (apneu), premature, tidak bisa minum, menderita sakit yang sulit diantisipasi sebelumnya.

Masih kata Erna, NICU juga akan memberikan layanan bagi bayi dengan ibu diabetes, bayi yang lahir dari kehamilan beresiko tinggi atau persalinan dengan komplikasi.

Gawat nafas yang memerlukan bantuan ventilasi, hiperbilirubinemia yang memerlukan terapi sinar, sepsis neonatorum atau hipotermia serta BBLR dengan metode kanguru.

“Ruang NICU dengan luas sekitar 100 meter persegi, bersebelahan dengan ruang OK terdapat dilantai 2. Di mana di ruangan layanan NICU terdapat 8 inkubator, 1 radiant warmer, 5 ventilator, 5 tempat tidur bayi, 2 alat fototerapi, 11 mesin pompa infuse, 3 alat pemantau saturasi oksigen dan 4 alat pemantau tanda vital,” bebernya.

Erna menandaskan, dengan adanya pelayanan NICU di RSU Kota Tangsel, diharapkan dapat mengurangi tingkat kematian pada bayi yang diakibatkan karena terlambatnya penanganan medis dengan sarana yang memadai.

“Fasilitas NICU juga kami lengkapi pemantauan tenaga dokter spesialistik yang profesional. Serta, perawat yang terlatih dengan baik dengan kualifikasi khusus NICU yang terampil,” pungkasnya.(iqmar)

Berita Terbaru