oleh

500 Pedagang di Pasar Rangkasbitung Ditarget Ikut Vaksinasi Covid-19

Kabar6-Sebanyak 500 orang pedagang di lingkungan Pasar Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, ditarget bisa menjalani vaksinasi Covid-19 dosis pertama yang digelar di depan Bank BCA, Kamis (29/7/2021).

“Targetnya semoga bisa mencapai 500 orang pedagang yang mengikuti vaksinasi di lokasi tersebut,” kata Kasi Imunisasi, Surveilans dan Krisis Dinkes Lebak, Bachtiar, kepada Kabar6.com.

Vaksinasi dengan sasaran pedagang merupakan upaya dalam mewujudkan herd immunity atau kekebalan kelompok. Dengan dilakukannya vaksinasi kepada pedagang, diharapkan juga membuat masyarakat lebih tenang saat berbelanja.

“Tujuan kita tentu itu, herd immunity. Jadi kalau pedagangnya sudah divaksin, mudah-mudahan pembeli yang datang juga merasa tenang,” ujar Bachtiar.

Bachtiar menjelaskan, lokasi vaksinasi memang sengaja menjadi lebih dekat dengan tempat atau lapak para pedagang. Pasalnya, hasil evaluasi vaksinasi yang digelar sebelumnya, para pedagang enggan meninggalkan lapak dagangannya karena tempat vaksinasi yang terlalu jauh.

“Hasil evaluasi dari pelaksanaan vaksin sebelumnya, banyak pedagang yang tidak mau karena terlalu jauh, makanya sekarang kami coba usahakan untuk jemput bola menjadi lebih dekat lagi dengan mereka,” ucap Bachtiar.

Sementara itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lebak mengakui, antusias pedagang mengikuti vaksinasi cukup tinggi.

Kabid Perdagangan Dedi Setiawan mengapresiasi para pedagang yang sudah mau divaksin sebagai salah satu program pemerintah dalam menangani pandemi.

**Baca juga: Lebak Kembali Jadi Zona Merah, Dinkes: Kami Analisa Penyebabnya

“Harapan kami tentu semua pedagang mau untuk divaksin karena ini ikhtiar untuk kesehatan dan keselamatan diri kita masing-masing. Apalagi teman-teman pedagang rentan terpapar karena berinteraksi dengan banyak orang,” tutur Dedi.(Nda)

Berita Terbaru