oleh

5 Tips Mendesain Undangan Pernikahan Sendiri Agar Lebih Murah

Kabar6-Salah satu hal yang sangat penting dalam pernikahan adalah kartu undangan. Di sisi lain, kartu undangan yang ada haruslah memiliki gambaran akan pernikahan yang akan kita selenggarakan.

Dengan undangan perkawinan yang bagus, para undangan akan merasa terhormat menerima undangan,sehingga mereka akan menyempatkan diri datang ke pesta yang telah dipersiapkan.

Hanya saja, undangan adalah hal yang tidak mudah untuk dibuat. Ada banyak hal yang perlu diperhitungkan. Apalagi, dengan undangan yang mewah, maka akan ada biaya yang besar pula.

Padahal, sebisa mungkin kita menghemat biaya pernikahan agar tidak membengkak. Salah satu cara mengatasi hal tersebut adalah dengan membuat desain undangan yang tepat, sehingga kita tidak mengeluarkan biaya besar untuk undangan.

Berikut ini adalah tips membuat desain undangan pernikahan sendiri agar lebih murah:

1. Mendesain sendiri
Salah satu langkah yang paling mungkin dilakukan adalah membuat desain sendiri. Kita bisa saja memesan undangan ke toko percetakan. Hanya saja, desain yang mereka buat adalah desain yang sudah banyak orang gunakan sehingga mungkin kurang unik.

Karenanya, kita bisa mendesain undangan pernikahan sendiri. Kita bisa membuat desain dengan memanfaatkan desain online yang tersedia gratis. Kita bisa menyesuaikan itu semua dengan rencana bahan, dan juga tema dari pernikahan yang akan dilangsungkan.

2. Memilih tema
Tema adalah hal kedua yang perlu untuk ditentukan. Dan ini sangat berhubungan dengan tema dari pesta pernikahan itu sendiri.

Misalnya, jika pesta pernikahan yang akan dilangsungkan mengusung tema adat jawa, maka desain undangan yang kita buat bisa menyesuaikan tema tersebut.

Desain batik, dengan sentuhan emas bisa dijadikan pilihan. Karena tema tersebut sangat identik dengan motif tersebut. Atau, kita juga bisa memilih tema desain undangan modern dengan warna cerah, jika memang pesta pernikahan kita juga akan menggunakan tema tersebut.

3. Memilih warna
Warna sangat berkaitan erat dengan tema. Nah, tema-tema elegan akan cenderung cocok dengan warna krem, motif marmet, atau warna-warna mewah lainnya.

Sementara untuk tema tradisional atau klasik, maka warna yang bisa dipilih adalah warna cokelat, hijau, atau merah marun.

Untuk warna-warna dengan tema modern, kita bisa memilih warna-warna cerah seperti oranye, biru muda, atau bahkan warna merah mudah sebagai warna dasar undangan.

4. Memilih bahan cetak
Bahan cetak adalah salah satu penentu dari harga produksi undangan. Semakin mewah bahan cetak yang digunakan, maka semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan. Apalagi jika undangan menggunakan kardus atau karton yang cukup mahal.

Tapi, tidak ada salahnya memilih bahan tersebut, terutama jika memang biayanya mencukupi. Tapi jika tidak, kita bisa memilih bahan cetak lain yang lebih murah.

Untuk mengakalinya, kita bisa menambahkan corak pada desain sehingga kertas undangan menjadi terlihat lebih mewah dan elegan.

5. Memilih metode pengiriman
Undangan cetak memang masih diperlukan di zaman sekarang. Walaupun kini sudah mulai berkurang, masih ada beberapa generasi yang senang dan merasa terhormat jika diberikan undangan dalam bentuk fisik.

Tapi, kini kita juga bisa menyebarkan undangan melalui media digital atau Internet. Menyebarkan undangan dengan Internet akan memudahkan kita dan memiliki banyak keunggulan.

Beberapa keunggulannya adalah berbiaya murah, hanya membutuhkan desain tanpa mencetak, lebih cepat sampai, dan bisa langsung mengkonfirmasi kehadiran setelah mengirimkan undangan.

Dengan begitu, undangan tidak lagi akan memusingkan. Kita hanya perlu memastikan bahwa undangan didesain dengan baik agar undangan yang dikirim lewat Internet tidak pecah ketika diterima.

Ada situs desain undangan pernikahan online yang bisa dimanfaatkan dan memberikan banyak template gratis.(Canva)

Berita Terbaru