oleh

5 Tips Kembalikan Tubuh yang Melar ke Angka Ideal Setelah Lebaran

Kabar6-Saat Idul Fitri ada banyak makanan lezat yang dihidangkan, sebut saja opor ayam, telur baladao, nastar, kastengel, es buah, dan lain sebagainya. Nah, seringkali secara tidak sadar Anda kalap melahap hampir semua makanan yang terhidang.

Akibatnya, berat badan bertambah dengan cepat hingga tubuh menjadi melar dalam waktu singkat. Lantas, bagaimana solusinya? Melansir beberapa sumber berikut lima tips yang bisa bantu kembalikan tubuh ke angka timbangan normal usai Lebaran:

1. Hindari kue Lebaran
Meskipun di rumah masih banyak stok kue lebaran, Anda harus menyadari bahwa penganan tersebut tidak baik untuk timbangan badan.

Bentuk kue yang kecil-kecil memang seringkali diremehkan. Padahal aneka cookies tersebut, misalnya nastar, menyimpan kalori yang lumayan tinggi. Jadi, jangan lagi menganggap kue Lebaran itu makanan ringan, ya.

2. Hindari makanan berlemak dan berminyak
Hidangan khas Lebaran hampir semuanya mengandung lemak yang tinggi, pedas dan bersantan. Dan Anda seringkali tidak sadar sudah makan berat berapa kali ketika Hari raya yang membuat lemak makin menumpuk.

Jadi ada baiknya usai Lebaran hindari sebisa mungkin makanan berlemak, berminyak, serta goreng-gorengan dulu, ya.

3. Perbanyak minum air putih dan buah-buahan
Selalu kontrol waktu dan porsi makan Anda. Jika perut sudah diisi tapi Anda masih merasa lapar, perbanyak minum air putih. Selain bisa mengganjal perut, minum air putih bisa juga memperlancar metabolisme dan pencernaan untuk mendukung misi diet.

Boleh juga mengganti menu makan dengan buah-buahan, bisa dengan buah potong maupun jus buah.

4. Olahraga
Untuk menjaga proporsi tubuh agar tetap ideal, tidak ada salahnya memasukkan olahraga ke rutinitas harian. Mengurangi makan saja tentu tidak cukup untuk hasil diet yang terbaik. Barengi dengan olahraga juga agar tubuh tetap sehat dan kencang.

Olahraga yang dilakukan tidak perlu berat-berat, sempatkan 15-30 menit dalam sehari untuk workout. Jika bingung, ada banyak video tutorial workout di media sosial.

5. Puasa sunnah
Berpuasa akan terasa tidak terlalu berat karena Anda baru saja menjalankan sebulan lamanya. Nafsu makan jadi terkontrol dan yang terpenting utang puasa, terutama untuk kaum hawa, juga segera terbayar. ** Baca juga: Jangan Salah, Lemak Jenis Ini Justru Bisa Turunkan Berat Badan Lebih Cepat

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru