oleh

5 Teknik Pertahanan Diri Mematikan yang Lahir dari Pertarungan Jalanan

Kabar6-Seni bela diri merupakan satu kesenian yang timbul sebagai satu cara seseorang mempertahankan atau membela diri. Seni bela diri telah lama ada dan berkembang dari masa ke masa. Pada dasarnya, manusia mempunyai insting untuk selalu melindungi diri dan hidupnya.

Di dunia ini ada banyak sekali jenis seni bela diri yang dikembangkan di masing-masing negara seperti karate, tae kwon do, judo, kungfu, muay thai, dan juga bela diri tradisional khas tiap negara..

Pernahkan Anda mendengar atau mengetahui seni bela diri mematikan yang lahir dari pertarungan jalanan? Teknik bela diri ini sebenarnya bukan hanya digunakan untuk melumpuhkan serangan lawan. Dalam kondisi terdesak, serangan balik mereka bisa sangat fatal dan menyebabkan kematian. Melansir kejadiananeh, ini lima teknik pertahanan diri mematikan yang lahir dari pertarungan jalanan:

1. Marine Corps Martial Arts Program (MCMAP), Amerika Serikat
Sistem tempur jarak dekat Marine Corps Martial Arts Program diciptakan oleh para pasukan marinir Amerika Serikat sejak 2001 lalu. Mengadaptasi dari berbagai jenis ilmu bela diri, MCMAP ini dikenal memiliki teknik membunuh lawan dengan sangat agresif.

Keahlian merebut senjata, memukul rahang, mematahkan leher, bayonet dan penggunaan senjata api sekaligus akan diajarkan dalam seni bela diri ini. Hanya ada dua pilihan dari petarung MCMAP ketika berhadapan dengan musuhnya, yaitu membunuh atau dibunuh.

2. Systema, Rusia
Rusia yang terkenal dengan berbagai alutsista dan persenjataan modernnya ternyata juga memiliki salah satu seni bela diri yang cukup mematikan, disebut Systema. Seni bela diri ini adalah salah satu seni bela diri wajib bagi para pasukan elite militer Rusia yaitu Spetnaz.

Teknik bela diri Systema terbilang sangat penting untuk dimiliki oleh para pasukan khusus tersebut karena memang ditujukan untuk melumpuhkan lawan dalam waktu yang cepat.

3. Dambe, Mesir
Selain dari wilayah Asia, Mesir yang notabenenya berada di Afrika ternyata juga memiliki seni bela diri yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Seni bela diri tersebut bernama Dambe.

Bagi mereka yang bertarung hanya ada dua kemungkinan yang bisa dialami oleh mereka yaitu menang dengan berbagai luka berat atau mati dan menanggung kekalahan. Ingin tahu apa yang menyebabkan bela diri ini begitu terkenal mematikan lawan-lawannya?

Para petarung sebelumnya diharuskan untuk menggunakan besi atau kayu yang diletakkan pada kepalan tangannya dan kemudian dibungkus dengan kain. Begitu pula pada bagian kakinya juga dilapisi logam yang dibalut oleh kain kanvas.

Hal yang mengejutkan, sebelum pertarungan dimulai, mereka terlebih dahulu akan melakukan ritual menghisap ganja.

4. Kalari Payat, India
Seni bela diri ini tercatat sebagai seni bela diri kuno yang tertua di daratan Hindustan. Kalari Payat bahkan disebutkan menurut legenda diajarkan sendiri oleh Dewa Wisnu, Dewa Tertinggi dalam agama Hindu, manisfetasi dari Dewa Brahma dan Dewa Siwa sendiri.

Seni bela diri asal India ini bersifat sangat spiritual, karena mereka yang melakukan seni bela diri ini terlebih dahulu membaca mantra-mantra Tantra Shastra saat akan memulai latihan.

Selain berbagai kombinasi serangan tangan kosong dan teknik mengunci serta permainan gulat. Dalam seni bela diri kalari payat ini juga diperbolehkan untuk menggunakan senjata tajam dalam melumpuhkan lawan seperti pedang, gada dan chakram.

5. Kapu Ku’ialua, Hawaii
Sama seperti Kalari Payat di India, Kapu Ku’ialua adalah seni bela diri kuno kepulauan Hawaii yang masih dipertahankan sampai kini. Teknik bela diri yang diajarkan dalam Kapu Ku’ialua bertujuan untuk membuat lawan sekarat seperti merusak sendi, membanting tubuh, melumpuhkan pusat peredaran darah serta meremukkan tulang.

Tak hanya menggunakan tangan kosong saja, dalam Kapu Ku’ialua para petarungnya diperbolehkan untuk memakai berbagai macam senjata perang. Dan untuk mempelajari ilmu bela diri mematikan ini tidak sembarang orang. Hanya para bangsawan, anggota kerajaan serta pengawal saja yang diperbolehkan dan bukan masyarakat umum. ** Baca juga: Termahal di Dunia, Harga Ikan Tuna Sirip Biru Mencapai Rp43,7 Miliar

Wow!(ilj/bbs)

Berita Terbaru