oleh

5 Tanda yang Tunjukkan Tubuh Kekurangan Protein

Kabar6-Protein adalah zat yang paling melimpah dan terdapat di setiap sel dalam tubuh. Tubuh kita memproduksi protein dalam bentuk yang beraneka ragam dengan memanfaatkan sumber-sumber makanan yang kita konsumsi.

Fungsi protein sendiri hampir berhubungan dengan segala aktivitas yang kita lakukan sehari-hari. Ya, protein menjadi bagian dari struktur tubuh dan perannya sangat penting, seperti membuat kita bisa bergerak dengan leluasa, mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh, dan membekukan darah saat kita terluka.

Selain itu juga membantu melawan infeksi, mengangkut zat masuk dan keluar dari sel, mengendalikan reaksi kimia, dan membawa pesan dari satu bagian tubuh ke tubuh lainnya.

Lantas, bagaimana apabila tubuh kekurangan protein? Melansir Womenshealthmag, ini lima tanda yang ditunjukkan oleh tubuh:

1. Ingin konsumsi makanan manis
Salah satu fungsi utama protein di dalam tubuh adalah untuk menjaga kestabilan kadar gula darah, yang berarti saat Anda kekurangan protein, maka kadar gula darah dalam tubuh pun akan terganggu, yang akan membuat Anda merasa ingin mengonsumsi permen.

2. Tidak dapat berpikir jernih
Memiliki kadar gula darah yang stabil merupakan hal yang penting untuk menjaga Anda dapat tetap fokus. Jadi saat tubuh kekurangan protein, Anda pun dapat merasa kesulitan untuk mempelajari sesuatu.

3. Rambut rontok
Protein merupakan salah satu zat penyusun berbagai sel-sel di dalam tubuh Anda, termasuk folikel rambut. Jadi bila Anda mengalami kekurangan protein, maka rambut pun akan menjadi lebih mudah rontok.

4. Badan terasa lemas
Otot juga merupakan salah satu bahan utama yang membentuk otot, jadi jika Anda tidak memiliki kadar protein yang cukup di dalam tubuh, maka otot-otot tubuh pun akan mulai mengecil seiring dengan berlalunya waktu. Hal ini akan menyebabkan Anda merasa lemah dan tidak dapat melakukan kegiatan olahraga yang biasanya dilakukan.

5. Mudah jatuh sakit
Selain otot, protein juga diperlukan untuk membentuk sistem kekebalan tubuh. Jadi jika Anda tampaknya lebih mudah mengalami flu dan batuk daripada orang lain, maka hal ini dapat merupakan pertanda Anda mengalami kekurangan protein. ** Baca juga: Mengapa Merokok Sebaiknya di Luar Ruangan?

Jadi cukupkan kebutuhan protein tubuh melalui sejumlah makanan yang Anda konsumsi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru