Home / Aneka Berita / Sehat / 5 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D
Ilustrasi/bbs

5 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D

Kabar6-Vitamin D berperan penting untuk penyerapan kalsium dan menjaga kekuatan tulang, yang selain didapat dari paparan sinar matahari pagi, juga berasal dari asupan makanan yang Anda konsumsi. Lantas, bagaimana tanda Anda kekurangan vitamin D? Melansir Womantalk, berikut uraiannya:

1. Selalu merasa sedih & mudah depresi
Serotonin adalah hormon di otak yang berhubungan dengan suasana hati, dan akan meningkat jumlahnya jika mendapat paparan cahaya matahari dan sebaliknya. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh American Journal of Geriatric Psychiatry, orang yang tingkat vitamin D rendah memiliki kemungkinan 11 kali lebih rentan terhadap depresi.

2. Sering alami sakit di tulang
Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan osteoporosis dan tulang yang melemah. Jadi, ketika Anda merasa ada tulang yang sakit atau nyeri, biasanya itu berkaitan dengan kekurangan vitamin D.

3. Tubuh terasa lemah
Para peneliti di Harvard telah menemukan hubungan antara suplemen vitamin D dengan peningkatan kontrol otot. Vitamin D dapat membantu Anda untuk mempertahankan kendali atas otot-otot tubuh. Jika tubuh cukup vitamin D, maka mustahil Anda merasa lemah dan tidak kuat.

4. Berkeringat lebih dari biasanya
Berkeringat telah dilaporkan sebagai salah satu tanda pertama defisiensi vitamin D. Para peneliti di Mayo Clinic melaporkan kalau hal tersebut menjadi salah satu cara pertama untuk menemukan masalah ini pada bayi. Ketika Anda sedang santai, tetapi berlebihan mengeluarkan keringat, maka kemungkinan asupan vitamin D Anda kurang.

5. Perut bermasalah
Vitamin D pelarut lemak, sehingga jika Anda memiliki masalah dalam pencernaan, maka kemungkinan besar Anda kekurangan vitamin D. Kondisi ini biasanya disebut sebagai gangguan fungsi saluran cerna atau Irritable Bowel Syndrome (IBS). ** Baca juga: 3 Kondisi yang Sebaiknya Dihindari Saat Ingin Bercinta

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

Check Also

Marah Sebabkan 7 Dampak Buruk Bagi Kesehatan

Kabar6-Tidak hanya membuat Anda dijauhi dari pergaulan, memiliki sifat pemarah ternyata memiliki efek samping yang ...