oleh

5 Pulau Buatan yang Terkenal di Dunia Karena Keunikan Bentuknya

Kabar6-Pulau adalah sebidang tanah yang lebih kecil dari benua, dan lebih besar dari karang, yang dikelilingi air. Kumpulan beberapa pulau dinamakan kepulauan atau dalam bahasa Inggris disebut archipelago.

Namun kini berkat kecanggihan teknologi, manusia dapat membuat pulau buatan sendiri yang bentuknya terkadang unik atau tak biasa. Melansir Wowkeren, ini beberapa negara dengan pulau buatan yang terkenal di dunia:

1. The Palm Jumeirah (Palm Island), Dubai
Seperti namanya, pulau buatan ini berbentuk seperti kelapa sawit. The Palm Jumeirah merupakan tempat dari beberapa resort yang paling mewah di Dubai, antara lain seperti Atlantis The Palm, Jumeirah Zabeel Saray, One&Only The Palm dan masih banyak lagi.

Selain itu terdapat resort super keren, restoran dan juga pusat perbelanjaan. Anda dapat berlayar di sekitar The Palm Jumeirah dengan yacth atau speedboat, termasukn merasakan sensasi terjun payung di atas pulau.

2. The Pearl-Qatar, Qatar
Pulau ini memiliki luas sekira empat juta meter persegi, dan tanah pertama di Qatar yang tersedia untuk kepemilikan warga asing. Konstruksi pada infrastruktur pulau itu memakan waktu sekira 10 tahun dan selesai pada 2014 lalu.

The Pearl-Qatar memiliki tiga hotel bintang lima, 492 ribu kaki persegi ritel internasional, restoran dan hiburan. Populasi di pulau buatan ini meningkat cukup pesat. Pada 2014, terdapat 12 ribu orang yang tinggal di pulau tersebut, dan jumlahnya itu meningkat empat kali lipat pada 2018.

3. Wilhelmstein, Danau Steinhude, Jerman
Wilhelmstein merupakan pulau yang dibangun oleh William, Pangeran Schaumburg-Lippe di Danau Steinhude, Jerman Barat. Dibangun pada 1765-1767 dengan cara menenggelamkan batu ke air hingga pulau terbentuk.

Pulau ini berukuran 134.548 kaki persegi, dan awalnya dirancang untuk menjadi tempat persembunyian yang diperhitungkan bagi Count. Saat ini, Wilhelmstein digunakan sebagai museum dan objek wisata.

4. Amwaj Island, Bahrain, Teluk Persia
Amwaj Island merupakan pulau buatan, mulai dibangun pada 2002. Cisco dan Oracle diberi kontrak untuk mengembangkan jaringan serat optik semua rumah dan bisnis di pulau-pulau itu.

Bagian paling mengesankan pada Amwaj Island adalah Al Marsa, dikenal juga sebagai Kota Terapung. Rumah-rumah dikelilingi oleh kanal dalam, yang memungkinkan pemilik rumah untuk memarkir kapal di depan rumah.

Selain itu, terdapat Central Lagoon yang menjadi area komersial kepulauan itu. Terdapat hampir 600 ribu kaki persegi ruang komersial termasuk pasar terbuka dan dua lusin restoran.

5. Hulhumalé, Maladewa
Hulhumalé merupakan pulau reklamasi seluas 0,7 mil. Pulau ini pertama kali ditempati pada 2004. Hingga pada 2016, penduduknya sudah mencapai 40 ribu orang. Pulau buatan yang menjadi tempat tinggal ini memiliki beragam fasilitas antara lain seperti rumah sakit, pasar swalayan kecil, sekolah, tempat rekreasi taman dan pantai, tempat pengisian bahan bakar dan pembangkit tenaga listrik.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati pantai indah yang memiliki air penuh dengan kehidupan laut, termasuk olahraga air seperti snorkeling. ** Baca juga: Sejumlah Mata Kuliah Aneh yang Ternyata Benar-benar Ada

Benar-benar pulau impian.(ilj/bbs)

Berita Terbaru