oleh

5 Pekerjaan Rumah yang Bisa Bakar Kalori Saat Anda Malas nge-Gym

Kabar6-Menjaga kebugaran sekaligus bentuk tubuh yang ideal banyak dilakukan orang dengan mendatangi pusat-pusat kebugaran atau lebih dikenal dengan sebutan nge-gym.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki waktu untuk pergi nge-gym, salah satunya karena kesibukan pekerjaan yang seringkali tak kenal waktu.

Meskipun demikian, membakar kalori tidak harus dilakukan dengan berolahraga, karena sejumlah pekerjaan rumah pun ternyata bisa membuat Anda seperti layaknya nge-gym, lho. Melansir idntimes, ini lima pekerjaan rumah sebagai alternatif pengganti olahraga yang dapat membakar kalori:

1. Menyapu dan mengepel
Pekerjaan ini ternyata bisa membakar 300 kalori. Menyapu dan mengepel juga bisa memainkan otot tangan, kaki, apalagi jika dilakukan dengan sedikit menarik perut ke dalam, akan terasa efeknya pada tubuh Anda, menjadi lebih segar dan singset.

2. Memasak
Memasak juga tak hanya stagnan dilakukan di depan racikan masakan. Anda juga bisa sambil menggerakkan tangan dan kaki, pinggul, serta kepala.

Melemaskan otot-otot yang tegang setelah merajang atau mengulek misalnya, akan menjadikan tubuh kembali rileks setelah memasak. Ternyata, memasak dapat membakar 80 kalori, bahkan lebih.

3. Menyetrika
Menyetrika yang dilakukan dengan posisi berdiri akan membakar 150 kalori.

4. Mencuci pakaian
Mencuci pakaian juga bisa melatih otot paha dan betis. Tangan juga akan selalu terlatih ototnya agar tetap lentur dan kokoh. Dan mencuci juga dapat membakar 100-250 kalori. Namun ingat, mencuci di sini dilakukan secara manual, bukan dengan bantuan mesin cuci.

5. Berkebun
Sekira 180 kalori bisa Anda bakar jika rutin berkebun. Selain itu, berkebun dapat melatih otot paha, betis, lengan, serta perut. ** Baca juga: Mengapa Banyak Orang Mudah Sakit Saat Musim Hujan?

Jadi, berolahraga bisa di mana saja dan kapan saja.(ilj/bbs)

Berita Terbaru