5 Olahraga yang Bantu Bakar Kalori dengan Cepat

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Sebagian orang zaman sekarang menganut gaya hidup kurang sehat, antara lain cenderung mengonsumsi junk food atau jarang berolahraga, sehingga berat badan cenderung berlebih atau obesitas. Diketahui, orang yang memiliki berat badan berlebihan biasanya lebih rentan terserang penyakit.

Nah bagaimana agar berat badan dalam batas normal dan stabil? Salah satunya adalah dengan rutin berolahraga. Jenis olahraga apa saja yang dapat membantu Anda membakar kalori lebih cepat? Dilansir Magwuzz, ini dia lima olahraga yang dimaksud:

1. Bersepeda
Cara mudah dan salah satu latihan kardio yang tepat dalam memaksimalkan program penurunan berat badan adalah dengan bersepeda. Apabila Anda bersepeda selama satu jam dengan kecepatan sekira 35-40 km per jam, untuk wanita dengan berat badan 75 kg mampu membakar hingga 850 kalori, sedangkan pria dengan berat 80 kg mampu membakar hingga 950 kalori.

Apabila Anda tinggal di daerah kota yang memiliki akses dengan jalan yang minim maka Anda dapat menggunakan sepeda statis. Jadwal bersepeda, lakukan secara rutin tiga kali dalam seminggu.

2. Lari
Lari merupakan olahraga paling murah dan mudah untuk dilakukan. Berlari selama satu jam dengan kecepatan 15 km per jam atau 4 menit per kilometer, Anda dapat membakar sampai 900 kalori untuk wanita dan 1.000 kalori untuk pria. Semakin tinggi intensitasnya, maka semakin banyak pula kalori yang terbakar. Jadwal lari, lakukan minimal tiga kali dalam seminggu, dan lebih baik dilakukan pada pagi hari.

3. Lompat tali
Apabila Anda melakukan lompat tali selama satu jam, maka tubuh dapat membakar kalori sebanyak 750 kalori pada wanita, dan 850 kalori pada pria. Jadwal lompat tali dapat dilakukan hingga 4-8 set dalam sehari sesuai dengan kemampuan. Lakukan tiga kali dalam seminggu.

4. Renang
Berenang selama satu jam dapat membakar sebanyak 720 kalori pada wanita, dan 840 kalori pada pria. Jadwal berenang, dapat dilakukan sebanyak dua kali seminggu untuk pemula. Untuk yang sudah terlatih, berenang dapat dilakukan sebanyak mungkin sesuai dengan kemampuan.

5. Aerobik
Aerobik ternyata mampu membakar sampai 550 kalori dalam 1 jam untuk wanita, dan 680 kalori untuk pria. Selain itu, aerobik juga dapat memberikan manfaat tambahan untuk para wanita seperti bokong dan perut yang lebih kencang. Jadwal aerobik, jika ingin segera menurunkan berat badan, maka latihan aerobik harus dilakukan sebanyak 3-4 kali dalam seminggu. ** Baca juga: Apa Sebab Tiba-tiba Timbul Memar pada Tubuh?

Jenis olahraga mana yang menjadi pilihan Anda? (ilj/bbs)