oleh

5 Negara dengan Tradisi Unik Idul Adha

Kabar6-Setiap negara memiliki budaya dan tradisi berbeda saat merayakan momen penting. Salah satunya adalah saat Hari Raya Idul Adha. Tradisi Idul Adha di sejumlah negara dunia tentu saja memiliki ciri khas masing-masing.

Apa saja tradisi unik yang ada di tiap negara? Melansir Indozone, ini lima negara dengan tradisi unik saat Idul Adha:

1. Inggris
Umat Muslim di Inggris menggelar berbagai perayaan unik Idul Adha, seperti pasar malam. Selain itu, masjid-masjid di Inggris juga mengadakan studi atau kuliah singkat tentang sejarah dan budaya Islam.

2. Maroko
Tradisi Idul Adha di negara Maroko pun tak kalah unik. Masyarakat Muslim setempat biasa merayakan Idul Adha dengan menyajikan hidangan khusus terbuat dari daging seperti kambing, domba, dan sapi.

Uniknya, mereka memasak dan mengolah seluruh bagian daging tersebut mulai dari kepala, ekor, usus, kaki, otak, perut, lemak, hati, hingga testis. Di malam hari, orang-orang Muslim Maroko menyajikan berbagai hidangan dari sayuran, termasuk labu, tomat, wortel, kol, kohlrabi (sejenis lobak), ubi jalar dan buncis.

Tak hanya daging, beberapa masyarakat Muslim Maroko ada pula yang menyajikan kue spesial dan permen saat Idul Adha tiba. Makanan khas tradisional Maroko seperti herbol yang dibuat dari gandum dan susu, Boulfaf, dan Mrouzia, ikut terhidang di atas meja makan saat Idul Adha.

3. Pakistan
Idul Adha di Pakistan diwarnai dengan tradisi unik yakni memandikan hewan kurban yang akan disembelih agar hewan tersebut tidak stres. Di samping itu, semua warga Pakistan dipastikan mendapat libur selama empat hari. Ini sudah menjadi ketentuan resmi dari pemerintah Pakistan.

Dengan waktu libur empat hari, warga Pakistan bisa quality time kumpul bersama keluarga, menyantap berbagai olahan daging kurban, dan jalan-jalan.

4. Uni Emirat Arab (UEA)
Hampir sama seperti di Indonesia, warga UEA merayakan Idul Adha dengan mengenakan pakaian baru. Para wanita ramai-ramai mengecat rambut dan menggunakan parfum. Henna pun dihias di tangan anak-anak dan para wanita.

Sementara itu, warga Mesir yang tinggal di pedesaan, menyajikan camilan kecil seperti kurma dan susu. ** Baca juga: Agensi Pemburu Wanita Selingkuhan Laris di Tiongkok

5. Arab Saudi
Di Arab Saudi, hewan qurban yang disembelih akan dibagikan kepada orang-orang secara gratis. Tapi hewan qurban di negara ini bukanlah sapi, domba ataupun kambing, melainkan unta.

Bagaimana tradisi Idul Adha di daerah Anda? (ilj/bbs)

Berita Terbaru