oleh

5 Negara dengan Konsumsi Alkohol Tertinggi

Kabar6-Minuman beralkohol atau kadang disingkat minol adalah minuman yang mengandung etanol, bahan psikoaktif dan konsumsinya menyebabkan penurunan kesadaran. Di berbagai negara, penjualan minuman beralkohol dibatasi ke sejumlah kalangan saja, umumnya orang-orang yang telah melewati batas usia tertentu.

Nah, tahukah Anda negara mana saja yang warganya menjadi konsumen minuman alkohol tertinggi di dunia? Dikutip dari berbagai sumber, ini di lima negara yang dimaksud:

1. Republik Ceko
Warga Ceko lihai dalam menilai bir nikmat atau tidak. Mereka bisa menghabiskan satu tong bir dengan cara menyenangkan. Dalam satu hari, konsumsi bir seluruh ceko mencapai 100 tong, berisi sekira 100 liter.

2. Rusia
Kondisi cuaca menjadi faktor penting mengapa warga Rusia menempati peringkat kedua dalam konsumsi minuman beralkohol. Vodka merupakan minuman kegemaran warga Rusia. Mereka pun memproduksi sendiri Vodka dan diekspor ke berbagai negara. Setiap tahun, warga Rusia mengonsumi Vodka paling sedikit 14 liter. Sementara rata-rata konsumsi dalam setahun yakni dua miliar liter per tahun.

3. Jerman
Nyaris sebagian besar warga Jerman memang doyan mengonsumsi minuman beralkohol. Bahkan ada sebuah festival rutin di Kota Munich bertajuk Oktoberfest ramai dikunjungi orang. Di sana masyarakat Jerman disuguhi banyak bir paling enak.

4. Korea Selatan
Di Negeri Gingseng ini, minuman beralkohol dikonsumsi untuk menenangkan diri ketika stres dan kelelahan. Itulah yang menjadi faktor utama mengapa masyarakat Korea Selatan sangat suka minum rum yang terbuat dari fermentasi kentang.

Ada yang mengasumsikan, kegemaran minum ini lantaran Korea Selatan terus dilanda perang saudara dengan Korea Utara. Perang tentu saja membuat mental para prajurit dan warga tertekan, sehingga mereka perlu menenangkan diri dengan minum sepanjang waktu.

5. Vatikan
Warga Vatikan menjadi peminum anggur terbanyak. Rata-rata menghabiskan 12 juta liter anggur setahun, dan dalam hari raya besar jumlahnya bisa dua kali lipat. ** Baca juga: Yeeaay! 11 November Jadi Hari Para Jomblo di Tiongkok

Wow…(ilj/bbs)

Berita Terbaru