oleh

5 Makanan yang Bantu Jaga Kulit Sehat Sekaligus Cerah

Kabar6-Salah satu hal yang penting yang dapat menunjang kesempurnaan penampilan adalah memiliki kulit sehat. Karena itulah setiap orang, terutama wanita, selalu merawat kulit agar tetap cantik menawan.

Hal yang perlu diketahui, memakai produk pelembap atau body lotion bukan satu-satunya cara untuk menjaga kulit. Ada sejumlah makanan yang juga mempengaruhi kesehatan kulit wanita.

Ya, kulit membutuhkan nutrisi untuk mempertahankan kelembutan sekaligus mencegah keriput dan kerusakan akibat sinar matahari. Lantas, makanan apa saja yang mengandung nutrisi untuk kulit? Melansir Okezone, ini lima jenis makanan yang bantu jaga kulit tetap sehat dan cerah:

1. Semangka
Merupakan salah satu buah paling melembapkan kulit, karena kaya akan kandungan serat, nutrisi, serta mengandung air. Mengonsumsi air sudah lama diketahui mampu membuat kulit bersih bercahaya.

2. Kedelai
Susu kedelai, tempe, miso, dan protein kedelai adalah sumber isoflavon. Diketahui, isoflavon kedelai adalah senyawa tanaman yang ditemukan dalam kedelai, dapat membantu menjaga kulit terlihat segar dan halus. Selain itu, kedelai dapat meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah keriput.

3. Ikan salmon
Salmon dan ikan berlemak lainnya kaya akan asam lemak omega-3. Salmon juga mengandung vitamin E yang dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat peradangan. Jika mengonsumsinya sekali atau beberapa kali dalam seminggu, kulit akan sehat selalu.

4. Kiwi
Kiwi mengandung lebih banyak vitamin C. Satu kiwi ukuran sedang mengandung hampir 80 persen vitamin C yang biasanya dibutuhkan dalam sehari. Selain membuat kulit menjadi cerah dan kuat, nutrisi ini dapat membantu meningkatkan kekebalan dan mengurangi stres oksidatif.

5. Beri
Buah beri seperti blueberry dan stroberi kaya akan antioksidan. Buah ini tidak hanya dapat membantu mencegah kanker, tetapi juga dapat menjaga kesehatan kulit. Antioksidan melawan peradangan dan mencegah kerusakan kulit. ** Baca juga: Ada Kekuatan di Balik Sifat Pemalu

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru