oleh

5 Makanan Mentah dengan Cara Mencuci yang Berbeda

Kabar6-Buah dan sayur menjadi salah satu dari sekian jenis makanan yang dianjurkan untuk masuk menjadi menu harian, karena mengandung sejumlah nutrisi. Sebelum dimakan atau diolah, buah dan sayur tentu saja harus dicuci terlebih dahulu agar terhindari dari bakteri dan kuman.

Ternyata ada beberapa cara mencuci yang tergantung pada jenis makanannya. Melansir Okezone, berikut uraiannya:

1. Makanan beku
Tidak diragukan lagi makanan beku telah membantu kita hidup lebih mudah. Meskipun makanan beku tidak sehat tetapi kadang makanan beku menjadi penyelamat hidup kita. Masalahnya kebanyakan orang adalah tidak mencuci buah dan sayuran sebelum mengonsumsinya. Untuk menyingkirkan kotoran dan bakterinya, Anda harus mencucinya secara menyeluruh sebelum memasaknya.

2. Kubis
Cacing sering memakan sayuran seperti kubis, kol, dan brokoli. Karena itulah sangat penting untuk mencucinya dengan hati-hati. Cara yang tepat untuk mencuci kubis adalah dengan memindahkan dua lapisan atas dan memotongnya hingga halus lalu mencelupkannya ke dalam air ditambah cuka selama beberapa menit. Bilas kubis dengan air bersih. Jika memasak kembang kol, Anda harus membersihkan semua sudut dan memisahkannya menjadi beberapa bagian.

3. Ikan
Mencuci ikan sebelum dimasak merupakan langkah wajib. Tetapi Anda akan terkejut mengetahui bahwa mencuci ikan mentah di keran itu sangat mengundang bakteri risiko penyebaran bakteri di dapur anda. Oleh karena itu cucilah ikan dengan benar. Ingat, cuci pisau sebelum memotong dan pastikan tangan Anda bersih.

4. Apel
Tidak peduli seberapa segar buahnya, semua masih sarat dengan bahan kimia dan pestisida. Untuk membersihkan apel, rendam dalam air dengan baking soda selama 12 menit. Hal itu akan menghilangkan sebagian besar bahan kimia.

5. Selada
Membersihkan selada itu mudah, robek daun selada dalam dua atau tiga bagian dan taruh dalam air dingin selama beberapa menit lalu bilas dengan air bersih. Pastikan juga tangan Anda dalam kondisi bersih agar terhindar dari bakteri dan kuman. ** Baca juga: Gizi dalam Daging Ada Juga pada 5 Makanan Ini

Teliti lagi saat mencuci buah dan sayuran, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru