oleh

5 Kebiasaan Makan yang Bisa Turunkan Imun Tubuh

Kabar6-Salah satu hal penting yang dapat dilakukan selama pandemi COVID-19 ini adalah menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat.

Caranya, Anda bisa memilih makanan yang mendukung fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi kebiasaan-kebiasaan yang bisa melemahkan imunitas.

Seorang ahli gizi sekaligus editor nutrisi di Health bernama Cynthia Sass, MPH, RD, melansir Medcom, menjelaskan lima kebiasaan makan yang ternyata dapat menurunkan sistem imun tubuh. Apa sajakah itu?

1. Konsumsi alkohol berlebihan
Dalam jangka pendek, mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Centers for Disease Control (CDC) menyarankan untuk tidak mengonsumsi empat gelas alkohol bagi wanita dan lima gelas untuk pria.

Apabila Anda merasa telah mengonsumsi alkohol berlebihan, hilangkan kebiasaan tersebut dengan hanya mengonsumsi tidak lebih dari satu gelas alkohol per hari.

2. Asupan garam pada makanan yang berlebihan
COVID-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus, namun bisa juga menyebabkan infeksi bakteri sekunder. Penelitian menunjukkan, ada hubungan antara kelebihan natrium dengan fungsi sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Menurut Dietary Guidelines for Americans, batas harian natrium yang disarankan adalah di bawah 2.300 mg per hari untuk orang dewasa yang sehat.

3. Asupan gula berlebihan
Mengurangi konsumsi gula berlebihan merupakan ide yang baik, selain baik untuk kesehatan mental mengurangi konsumsi gula berlebih juga bermanfaat untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

American Heart Association merekomendasikan untuk membatasi asupan gula tambahan dari berbagai makanan yang dikonsumsi tidak lebih dari enam sendok teh per hari untuk wanita dan sembilan sendok teh untuk pria.

4. Asupan kafein yang berlebihan
Kopi dan teh memang memiliki manfaat bagi kesehatan karena kandungan antioksidan yang tinggi dan bersifat anti-inflamasi. ** Baca juga: Penyebab Siklus Menstruasi Bisa Berubah Selama Pandemi COVID-19

Namun terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat berpengaruh terhadap tidur Anda dan sebagai hasilnya dapat meningkatkan inflamasi dan berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh.

5. Tidak konsumsi cukup serat
Serat dapat mendukung kesehatan sistem pencernaan dan membantu bakteri baik di dalam usus yang dapat berguna dalam meningkatkan sistem imunitas dan mood seseorang.

Beberapa penelitian juga menyebutkan, asupan serat yang tinggi dan prebiotik dapat mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh termasuk melawan virus.

Yuk, jaga imun tubuh agar tidak mudah sakit.(ilj/bbs)

Berita Terbaru