oleh

5 Kebiasaan di Pagi Hari Agar Tubuh Tetap Sehat

Kabar6-Tiap orang memiliki rutinitas berbeda di pagi hari. Namun sebagian besar masyarakat sudah mulai menerapkan pola hidup sehat, yang bisa membantu menurunkan berat badan, menstabilkan kadar gula darah, serta meningkatkan mood.

Sebenarnya, melansir MSN, ada sejumlah kebiasaan di pagi hari yang dapat dilakukan agar tubuh tetap sehat sekaligus aktif sepanjang hari. Kebiasaan apa sajakah yang dimaksud?

1. Konsumsi air putih
Air putih dipercaya memiliki segudang kebaikan bagi tubuh. Rutin minum segelas air hangat sesaat setelah bangun tidur juga baik bagi tubuh. Untuk lebih optimal, coba tambahkan air perasan lemon segar dan sedikit madu organik.

Kebiasaan ini dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh, membersihkan sistem percernaan, dan menjaga usus tetap sehat. Memastikan tubuh tetap terhidrasi juga telah terbukti meningkatkan kesehatan.

2. Sarapan
Sarapan adalah ritual pagi yang tidak boleh dilewatkan meskipun Anda sibuk. Penelitian menunjukkan, sarapan sehat kaya protein adalah cara cerdas untuk membantu mengawali hari dengan baik.

3. Olahraga
Sejumlah penelitian telah menemukan, berolahraga di pagi hari dapat membantu mengelola kadar gula darah sepanjang hari. Dan jika Anda ingin menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan ideal, berolahraga di pagi hari dapat membantu hal itu.

Sebuah studi kecil pada 2015 yang diterbitkan dalam EbioMedicine menemukan bahwa partisipan membakar lemak paling banyak ketika mereka berolahraga di pagi hari sebelum sarapan.

4. Mindfulness
Mindfulness atau kesadaran sini-kini adalah suatu sikap sadar diri dan tidak mengawang akan masa lalu atau masa depan. Salah satu manfaat dari berlatih mindfulness adalah terbukti menurunkan tingkat stres, depresi, cemas bahkan mengelola rasa sakit kronis dan lainnya.

5. Menetapkan tujuan harian
Banyak ahli kesehatan menyarankan untuk menyisihkan setidaknya 5-10 menit untuk menetapkan tujuan atau goals di hari itu. Penetapan tujuan harian membantu Anda mengatur waktu, sehingga aktivitas yang dilakukan tidak sia-sia. ** Baca juga: 5 Hal Ini Berikan Tanda Makanan yang Anda Konsumsi Mengandung Nutrisi Baik dan Tepat

Kebiasaan yang mudah, bukan?(ilj/bbs)

Berita Terbaru