oleh

5 Karbohidrat Sehat untuk Turunkan Berat Badan

Kabar6-Sejumlah pelaku diet sering salah persepsi terhadap karbohidrat, yaitu dapat meningkatkan berat badan. Padahal, karbohidrat sangat penting untuk tubuh dan tidak semua karbohidrat buruk.

Banyak jenis karbohidrat yang kaya akan nutrisi dan menjadi sumber energi yang sangat baik. Melansir Healthmeup, lima karbohidrat berikut membantu Anda kenyang lebih lama, sekaligus sehat untuk menurunkan berat badan:

1. Barley (jelai)
Peneliti mengungkapkan, barley mengandung banyak nutrisi sehat dan mampu mencukupi 20-25 persen kebutuhan serat tubuh. Barley dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dengan cara menaikkan kadar gula darah secara perlahan, dan sangat rendah kalori.

2. Kacang-kacangan
Peneliti mengatakan, mereka yang mengonsumsi kacang secara teratur, dapat menurunkan risiko 23 persen mengalami pelebaran lingkar pinggang. Selain itu, konsumsi kacang juga dapat menurunkan risiko sebanyak 22 persen untuk mengalami obesitas.

Meskipun kandungan serat tiap-tiap jenis kacang akan berbeda, semua jenis kacang tinggi kandungan protein dan zat besi.

3. Oatmeal
Hampir separuh kandungan serat di oatmeal adalah serat yang laut air. Jenis serat ini akan membentuk gel saat masuk ke perut, dan menjaga Anda merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama.

Dengan menambahkan serat yang larut ini, akan menurunkan timbunan lemak dalam dinding perut, dan lemak yang menumpuk di sekitar organ tubuh. Secara tidak langsung oatmeal dapat membuat Anda terhindar dari berbagai gangguan metabolik, penyakit jantung dan pembuluh darah dan juga diabetes.

4. Ubi
Ubi dapat mencukupkan kebutuhan serat dan antioksidan. Selain itu, ubi juga kaya beta karoten dan vitamin. Dengan menambahkan ubi ke menu diet, akan membuat Anda kenyang lebih lama dan juga dapat mencukupkan kebutuhan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

5. Kacang polong
Setengah cangkir kacang polong dapat mencukupkan 12 persen kebutuhan zink harian Anda. Jenis karbohidrat ini juga dapat mengurangi rasa lapar dengan meningkatkan kadar leptin dari tubuh.

Leptin adalah hormon yang mengingatkan otak bahwa perut Anda sudah cukup makan. ** Baca juga: Kebanyakan Selfie Bisa Bikin Anda Cepat Tua?

Yuk, dicoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru