oleh

5 Jenis Makanan & Minuman yang Ternyata Dapat Bikin Tubuh Lemas

Kabar6-Seringkali saat tubuh terasa lemas, kita mengira hal itu disebabkan karena kurang tidur. Padahal, tubuh lemas bisa jadi disebabkan oleh makanan yang Anda konsumsi.

Lantas, apa saja jenis makanan yang dapat membuat tubuh Anda terasa lemas? Melansir beberapa sumber, berikut lima jenis makanan yang dimaksud:

1. Sereal
Umumnya sereal mengandung banyak gula. Makanan yang mengandung gula berlebih, akan membuat tenaga Anda cepat bertambah, namun akan membuat mudah lemas kembali. Bila terpaksa harus makan sereal, tambahkan buah-buahan dan susu sebagai pelengkap.

2. Minuman berenergi
Kandungan kafein dan gula dalam minuman berenergi, juga akan bekerja dengan cepat untuk meningkatkan tenaga. Namun Anda akan kembali merasa lemas setelah beberapa saat. Selain itu, Anda juga akan merasakan dehidrasi, yang dapat membuat tubuh semakin lemas.

3. Wine
Segelas wine sebelum tidur, memang akan membuat Anda merasa lebih rileks. Namun terlalu banyak mengonsumsi wine dapat membuat Anda merasa lemas saat bangun tidur keesokan harinya. Jadi, alkohol bukanlah pilihan minuman yang baik untuk kesehatan.

4. Gorengan
Gorengan mengandung banyak lemak, sehingga menjadi sulit dicerna. Tubuh memerlukan ekstra energi untuk memetabolisme gorengan yang dikonsumsi, sehingga tubuh akan lebih mudah merasa lemas.

5. Kopi
Kopi memang akan membuat tubuh menjadi lebih segar dan bersemangat. Namun terlalu banyak minum kopi, akan membuat Anda terjaga sehingga kurang tidur. Hal inilah yang akan membuat Anda merasa lemas pada keesokan harinya. ** Baca juga: Antara Jagung & Kentang, Mana yang Lebih Tepat Gantikan Nasi?

Yuk, hindari berlebihan mengonsumsi makanan dan minuman tadi agar tubuh tidak lemas.(ilj/bbs)

Berita Terbaru