5 Hewan yang Punya Pertahanan Diri Unik

Hagfish mengeluarkan lendir lengket untuk pertahanan diri.(maxisciences)

Kabar6-Setiap makhluk hidup memiliki cara pertahanan khusus untuk menghindari pemangsa dan agar bisa bertahan hidup. Mereka juga memiliki pemangsa besar atau kecil yang akan mengganggu keselamatan. Karena itulah setiap binatang punya mekanisme tertentu untuk bertahan hidup.

Biasanya, beberapa cara yang digunakan para hewan ini cukup untuk melumpuhkan atau sekadar memberikan waktu untuk mengecoh lawan. Jadi, binatang tersebut punya waktu untuk melarikan diri dari si pemangsa.

Bagaimana cara mereka mempertahankan diri. Dikutip dari beberapa sumber, berikut lima hewan yang memiliki pertahanan diri unik:

1. Katak Kayu Alaska, Alaska Wood Frog
Jika memasuki musim dingin, kata jenis ini akan melakukan proses hibernasi, lebih dari 68 persen tubuh katak kayu akan membeku total. Ia akan memerintahkan otak agar berhenti bernapas dan jantungnya berhenti berdetak.

Tidak hanya itu, otaknya juga akan memerintah hati untuk memproduksi glukosa dalam skala besar, di mana glukosa ini akan berperan sebagai anti beku saat berlangsungnya musim dingin yang mencapai suhu ekstrem minus 9 derajat Celcius sampai minus 18 derajat Celcius.

2. Hagfish
Bentuknya mirip sekali dengan belut, dan bisa mengeluarkan lendir lengket menjijikkan. Lendir ini akan dikeluarkan dalam jumlah sebanyak-banyaknya saat dirinya merasa terancam.

Saat hewan predator seperti ikan besar sampai terkena lendir tersebut, insangnya akan merekat keras akibat lendir lengket dari Hagfish dan akan mati lemas tak bisa bernapas dalam air. Sangat jarang ditemukan para pemangsanya bisa selamat dari senjata perlindungan diri Hagfish.

3. Kadal Bertanduk Texas
Hewan ini lebih dikenal karena mampu melakukan mimikri atau melakukan kamuflase untuk melindungi dirinya dari predator yang ingin memangsanya. Tidak hanya itu, apabila pertahanan diri tersebut gagal dan predator masih terus menerornya, kadal bertanduk texas akan menyemburkan darah dari kedua matanya yang bisa mencapai jarak 2,1 meter.

4. Timun Laut
Timun laut juga memiliki senjata untuk bertahan berupa lendir yang sangat lengket dan beracun yang dinamakan Holothurin. Bila senjata perlindungan ini tidak ampuh, timun laut akan mengeluarkan seluruh organ tubuhnya agar predator tidak jadi memangsanya.

5. Cuttlefish
Hewan ini lebih tergolong dalam keluarga moluska atau sejenis cumi-cumi dan gurita. Cuttlefish juga memiliki tentakel, tinta hitam untuk berkelahi seperti halnya cumi-cumi.

Namun untuk kemampuan mempertahankan diri, Cuttlefish jauh lebih hebat dari mereka. Ia tak hanya dikenal sebagai ahli kamuflase terbaik, yang mampu mengubah warna tubuhnya mengikuti lingkungan sekitarnya. Tapi Cuttlefish juga bisa merubah wujud untuk mengelabui sesamanya.

Pada saat musim kawin, Cuttlefish jantan akan mengubah wujudnya menjadi betina. Tujuan dari penyamaran ini sendiri agar bisa mencuri betina dari milik pejantan lainnya. ** Baca juga: Fatal! Gigitan Hewan Paling Mematikan di Dunia

Ciptaan Yang Kuasa memang sangat menakjubkan.(ilj/bbs)