oleh

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Laptop Untuk Kebutuhan Kerja

Kabar6-Di zaman digital seperti saat ini, laptop adalah suatu kebutuhan yang harus dipenuhi. Terutama untuk para pekerja yang kesehariannya sangat bergantung oleh alat elektronik yang satu ini. Dengan bantuan laptop, Anda dapat mengerjakan berbagai macam tugas yang diberikan. Dimana Anda bisa menyiapkan presentasi, membuat dokumen, hingga mengirimkan email dengan sangat mudah.

Kebutuhan laptop semakin meningkat sejak terjadinya pandemi Covid-19 seperti saat ini, karena sebagian besar pekerja diminta untuk bekerja dari rumah. Hal ini diupayakan untuk mengurangi tingkat kenaikan pasien Covid-19 di Indonesia. Oleh karena itu, laptop menjadi salah satu kebutuhan primer yang wajib dimiliki oleh setiap pekerja saat ini.

Untuk mendukung aktivitas Anda pada saat bekerja dari rumah atau Work From Home, maka harus memiliki spesifikasi laptop yang memadai. Karena biasanya Anda akan lebih sering melakukan meeting online menggunakan webcam yang baik.

Tidak hanya memiliki kualitas webcam yang baik, Anda juga harus memperhatikan 4 hal lainnya pada saat akan membeli laptop untuk mendukung pekerjaan Anda. Nah, berikut adalah 5 hal yang harus Anda perhatikan pada saat membeli laptop untuk kebutuhan kerja.

Kabar6.com
Laptop Lenovo Ideapad Slim 3.(bbs)
  1. Kualitas Webcam

Laptop dengan kualitas webcam yang terbaik saat ini menjadi pilihan banyak pengguna. Karena dalam masa pandemi ini kita harus membatasi pertemuan secara langsung. Dengan begitu, maka kita akan banyak melakukan pertemuan secara virtual seperti meeting online, seminar online dan konferensi online.

Agar keberlangsungan pertemuan virtual dapat berjalan dengan lancar, Anda harus memiliki kualitas webcam yang baik. Oleh sebab itu, perhatikan kualitas webcam sebelum membeli laptop. Ada beberapa macam kriteria yang harus Anda ketahui dalam memilih webcam laptop yang baik seperti meninjau resolusi dan frame per second dari kamera webcam tersebut.

Semakin besar resolusi dari sebuah webcam, maka gambar yang akan dihasilkan akan bersih, halus dan jernih. Disini saya menyarankan Anda untuk memilih webcam dengan resolusi kamera 720p atau 1080p. Mengapa ? Karena dengan besaran resolusi tersebut akan menghasilkan gambar yang jelas. Pada aplikasi Zoom, resolusi maksimumnya ialah 720p dengan kualitas video HD, sedangkan resolusi maksimum pada aplikasi Skype adalah 1080p dengan kualitas video full HD.

Salah satu laptop yang sangat cocok untuk digunakan dalam melakukan pertemuan virtual ialah Lenovo Ideapad Slim 3. Dimana laptop ini sudah memiliki resolusi webcam sebesar 720p dan ditambahkan dengan fitur Privacy Shutter. Fungsi dari Privacy Shutter ini adalah untuk menutup bagian webcam apabila sudah tidak menggunakannya.

  1. Kapasitas RAM dan Processor

RAM dan Processor adalah salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam kinerja sebuah laptop. Sebelum membeli laptop, Anda harus mengetahui terlebih dahulu kebutuhan aplikasi atau program apa saja yang akan Anda gunakan untuk bekerja.

Apabila pekerjaan Anda membutuhkan aplikasi atau program yang ukurannya besar dan berat seperti aplikasi pengolah grafis dan video, maka Anda harus memilih laptop dengan Ukuran RAM minimal 6 GB. Sedangkan Processor yang harus Anda pilih minimal Intel Core i5 atau AMD Ryzen 5.

Begitu juga sebaliknya, apabila pekerjaan Anda hanya membutuhkan aplikasi yang tidak terlalu berat seperti Microsoft Office dan Adobe Reader, maka Anda dapat memilih laptop dengan ukuran RAM minimal 2 GB dan processor minimal AMD Phenom.

Lenovo Ideapad Slim 3 juga bisa jadi pilihan yang pas nih! Karena sudah memberikan kapasitas RAM mulai dari 4 – 8 GB dan Processor AMD Ryzen lho! Sehingga laptop ini sangat cocok untuk Anda gunakan dalam kegiatan apapun. Baik untuk kebutuhan komputasi ringan maupun berat. Mau beli laptop ini, cek harganya dan beli langsung di Blibli saja.

  1. Tipe dan Ukuran Penyimpanan

 Terdapat 2 jenis penyimpanan yang umumnya digunakan pada laptop, yakni SSD dan HDD. Dari kedua jenis penyimpanan tersebut, yang memiliki kecepatan menyalin dan menempel file dengan cepat adalah SSD atau Solid State Drive. Dengan penyimpanan SSD, Anda dapat melakukan Copy Paste dengan hanya waktu 50% daripada HDD.

Ketika Anda melakukan kegiatan multitasking di memori SSD, maka mesin pembaca penyimpanan SSD ini akan lebih cepat membaca dibandingkan dengan memori lainnya. Itulah alasan mengapa banyak orang lebih memilih laptop dengan tipe penyimpanan SSD daripada HDD.

Tipe dan ukuran penyimpanan dari laptop Lenovo Ideapad Slim 3 ini sangat cocok sekali untuk Anda yang ingin mengerjakan berbagai macam tugas dengan cepat. Karena laptop ini memiliki tipe penyimpanan SSD dengan ukuran yang besar yakni 512 GB.

Kabar6.com
Laptop Lenovo Ideapad slim 3.(bbs)
  1. Perhatikan Konektivitas yang Tersedia

Pada saat bekerja, pasti Anda membutuhkan koneksi Internet, bukan? Hal itulah yang harus kita perhatikan sebelum membeli laptop untuk bekerja, karena hampir sebagian besar pekerjaan kita akan menggunakan koneksi internet.

Selain itu, Anda juga perlu memeriksa ketersediaan port yang ada pada laptop sebelum membeli. Karena tanpa ketersediaan port yang tidak lengkap, akan dapat menghalangi Anda dalam melakukan pekerjaan secara cepat.

Fitur konektivitas WiFi yang ada pada laptop Lenovo Ideapad Slim 3 sudah sangat lengkap dan berkualitas tinggi. Karena laptop ini sudah menggunakan konektivitas WiFi 11AC serta Bluetooth versi 5.0. Ketersediaan port yang dimiliki juga sangat beragam, mulai dari port card reader, USB, HDMI, dan headphone/microphone. 

  1. Ukuran Layar dan Bobot Laptop

 Ukuran layar dan bobot laptop juga harus Anda pertimbangkan ketika akan membeli laptop untuk kebutuhan pekerjaan. Dengan ukuran layar yang luas akan semakin membuat kita lebih leluasa dalam melakukan pekerjaan.

**Baca juga: Sandiaga Uno Jadikan Lebak dan Pandeglang Jadi Kabupaten Kreatif

Belilah laptop dengan ukuran layar 14”, karena ukuran tersebut sudah sangat pas apabila Anda gunakan untuk menatap layar dengan waktu yang lama. Dan pilihlah bobot laptop yang ringan dan tipis karena akan sangat mudah untuk Anda gunakan bekerja sambil rebahan maupun duduk.

Itulah 5 hal yang harus Anda perhatikan ketika membeli laptop untuk kebutuhan kerja. Dari kelima hal diatas, laptop Lenovo Ideapad Slim 3 merupakan laptop yang sangat cocok untuk Anda beli.  Mau beli laptop ini, cek harganya dan beli langsung di blibli saja, ya! (red)

Berita Terbaru