oleh

5 Hal yang Bisa Dilakukan Agar Anda Lebih Sehat dalam Waktu 1 Minggu

Kabar6-Menjalankan pola hidup sehat tidak harus dipaksakan sehingga membuat Anda kurang nyaman. Sebaliknya, bisa dimulai dari jangka pendek, misalnya mencoba dalam waktu seminggu terlebih dahulu.

Seorang ahli gizi asal Amerika Serikat bernama Andy Bellatti, memaparkan lima hal yang bisa dilakukan agar Anda terlihat sekaligus merasa lebih sehat dalam waktu satu minggu.

Bellatti, melansir Sindonews, juga menguraikan lima hal lain yang harus dilakukan (Do) dan tak boleh dilakukan (Don’t) saat menjalankan pola hdup sehat. Apa sajakah itu?

1. Do: banyak minum air putih
Berfungsi untuk mengatur pembentukan tiap sel di dalam tubuh. Kurang minum air putih menyebabkan sel-sel mulai mengalami pengerutan. Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat menyarankan agar kita memilih minum air putih daripada minuman yang mengandung gula untuk membantu menjaga berat badan.

Don’t: hanya minum jus (juice cleanse)
Hanya meminum air putih, jus buah, atau jenis ramuan minuman lain selama beberapa hari justru akan memicu kebiasaan makan yang tidak sehat atau membuat kadar gula darah turun. Kondisi inilah yang bisa menjadikan nafsu makan jadi meningkat dan Anda mengalami perubahan mood yang cepat.

2. Do: kurangi sodium
Menurut American Heart Association, sembilan dari 10 orang dewasa di Amerika diketahui mengonsumsi terlalu banyak sodium, dan itu belum termasuk tambahan garam yang kerap disediakan di atas meja. Terlalu banyak mengonsumsi garam bisa membuat tubuh kita menggemuk dan perut buncit.

Don’t: pantang makanan tertentu
Ada perbedaan antara mengurangi zat/makanan yang berlebihan dikonsumsi dengan pantangan terhadap jenis makanan tertentu. Kalau pantang terhadap sesuatu bahan makanan, hal itu justru akan membuat Anda mencari bahan pengganti yang kemungkinan besar sama saja fungsinya di dalam tubuh. Misalkan mengganti gula dengan madu, atau mengganti karbohidrat dengan makanan berbasis jagung.

3. Do: perbanyak konsumsi serat
Anda tentu sudah sangat tahu bahwa mengonsumsi sayuran segar dan tinggi serat itu sangat baik untuk sumber vitamin serta nutrisi. Hal ini karena serat bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga tidak banyak mengemil.

Don’t: mengandalkan puyer dan pil
Kelemahan puyer atau pil diet adalah obat-obatan ini biasanya mengambil sesuatu yang tadinya merupakan makanan utuh, lalu memprosesnya sehingga salah satu ingredient terbuang.

4. Do: makan dengan porsi cukup.
Sadarkah Anda bahwa batasan porsi camilan dan makanan kita dalam 40 tahun terakhir ini telah mengalami kenaikan? Menurut data pada Journal of Nutrition dan Journal of the American Medical Association, ukuran makanan apakah itu fast food, menu ala carte, ataupun produk instan yang dibeli di toko, rata-rata mengalami pertambahan sebesar 138 persen sejak 1970-an.

Jadi, bijaksanalah saat makan. Jaga porsinya. Kalau Anda makan di luar, sebaiknya sisakan sedikit lalu bungkus untuk dimakan lagi nanti di rumah.

Don’t: jangan hanya fokus pada kalori
Jangan hanya menakar jumlah kalori yang masuk, karena makanan dengan kalori rendah sekalipun, kalau ditambahi zat-zat lain seperti gula dan sodium, hanya akan membuat ‘takaran palsu’ pada makanan Anda.

Hal yang harus diingat, program diet yang sustainable tidak harus memangkas bobot tubuh dalam waktu singkat. Dalam sepekan berat badan Anda turun 0,5-1,5 kilogram saja itu sudah bagus, asalkan sustainable.

5. Do: berpikir positif
Berpikir positif tentang makanan yang Anda dikonsumsi dan merasa lebih baik setelah mengonsumsinya dapat memotivasi Anda untuk konsisten menerapkan pola hidup yang sehat.

Fokuslah pada kesempatan memakan dan apa yang Anda konsumi, ketimbang memikirkan untuk menghindari makanan tertentu. Banyak resep bisa dicoba dan siapa tahu Anda akan menemukan menu favorit yang baru.

Don’t: mengharapkan keajaiban
Jangan pernah berpikir bahwa dengan mengonsumsi makanan sehat selama sepekan Anda bakal langsung menghancurkan ‘racun’ dari makanan tak sehat yang sudah Anda konsumsi selama bertahun-tahun. ** Baca juga: Menyehatkan, 3 Buah Ini Bantu Kontrol Suasana Hati

Hal terpenting adalah komitmen untuk menerapkan pola hidup sehat seterusnya. Dengan melakukannya selama beberapa hari, diharapkan pola makan yang sehat itu dapat diterapkan pada minggu, bulan, atau bahkan tahun-tahun berikutnya.

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru