oleh

5 Hal Tersembunyi Tentang Imlek di Tiongkok

Kabar6-Perayaan Imlek yang selalu dirayakan dengan penuh kemeriahan oleh warga Tionghoa baru saja berakhir. Sejumlah hal antara lain seperti petasan, angpao, barongsay, hingga dupa berukuran raksasa menjadi sesuatu yang wajib ada saat Imlek.

Nah tahukah Anda, di samping kemeriahan itu, terdapat lima hal tersembunyi tentang Imlek di Tionghoa yang mungkin belum diketahui. Apa sajakah itu? Melansir CNN Indonesia, berikut hal-hal yag dimaksud:

1. Tidak hanya sehari
Berbeda dengan tahun baru pada umumnya, Imlek tidak hanya berlangsung satu hari saja melainkan 15 hari. Tak heran jika banyak paket wisata di momen Imlek ini.

2. Kembang api untuk mengusir monster jahat
Legenda tentang Nian, monster jahat yang berwujud separuh singa, akan turun di saat Imlek dan menyerang orang. Itu sebabnya suara dentuman petasan diperlukan untuk melumpuhkannya karena telinga Nian sensitif.

3. Sewa pacar
Tahun baru Imlek adalah momen yang ‘menyeramkan’ untuk para jomblo. Namun mimpi buruk itu tidak lagi meneroro karena saat ini sudah ada jasa untuk menyewa pacar.

4. Menjelma sebagai genre film
Imlek tak hanya berperan sebagai momen liburan, namun menjadi sebuah genre tersendiri bagi film. Genre ini disebut hesupian. Biasanya film bergenre ini didominasi oleh nuansa yang gembira dan mengedepankan unsur keluarga, sehingga membuat para penonton merasa nikmat.

5. Waktunya mengonsumsi yang manis
Imlek wajib dilalui dengan kudapan yang manis. Karena itulah kue-kue tradisional seperti nian gao, babaofan, dan jau goks menjadi primadona dan selalu ludes. ** Baca juga: Miliki Bakat Unik, Pria Ini Bisa Berbicara & Menyanyi dengan Kata Terbalik

Bagaimana dengan perayaan Imlek di daerah Anda? (ilj/bbs)

Berita Terbaru