oleh

5 Fobia yang Apabila Tidak Segera Ditangani Bisa Ancam Kesehatan

Kabar6-Setiap orang memiliki ketakutan yang berbeda-beda, baik terhadap hewan, benda, maupun kondisi tertentu. Hal ini disebut dengan fobia, yaitu rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena. Fobia bisa dikatakan dapat menghambat kehidupan orang yang mengidapnya. Bagi sebagian orang, perasaan takut seorang pengidap fobia sulit dimengerti.

Ada banyak jenis fobia. Namun ada lima jenis fobia yang apabila tidak segera ditangani dikhawatirkan bisa mengancam kesehatan. Dikutip dari beberapa sumber, ini lima fobia yang dimaksud:

1. Tomophobia
Tomophobia adalah rasa takut yang berlebihan terhadap prosedur operasi dan operasi pembedahan itu sendiri. Mereka umumnya akan menolak mentah-mentah prosedur operasi walaupun tahu hal itu sangatlah penting untuk keselamatan jiwa. Tomophobia umumnya menjangkit tiga dari 4,5 persen populasi dunia, dan penderitanya rata-rata berusia remaja atau dewasa.

2. Iatrophobia
Akar dari Iatrophobia biasanya dipicu dari pengalaman traumatis yang melibatkan tenaga medis, dan biasanya mereka akan menolak pergi ke dokter bahkan untuk sekadar check up. Jika diteruskan, maka mereka akan sulit menerima pertolongan medis bahkan ketika benar-benar membutuhkannya.

3. Dentophobia
Dentophobia termasuk phobia langka yang hanya terjadi pada 2-4 persen dari total populasi. Penyebab dari Dentophobia bisa jadi karena peristiwa yang menimbulkan trauma atau karena image dokter gigi adalah tokoh menyeramkan, sehingga tanpa sengaja ‘tertanam’ dalam kepala anak-anak.

4. Nosophobia
Nosophobia adalah jenis irrational fear terhadap kemungkinan menderita penyakit. Seseorang yang menderita Nosophobia umumnya memiliki rasa takut bahwa ia bisa jadi menderita penyakit tertentu seperti kanker, penyakit jantung, dan penyakit fatal lainnya. Ironisnya, penderita Nosophobia justru enggan untuk berkonsultasi dengan dokter karena mereka khawatir dugaan mereka benar adanya.

5. Hemophobia
Bagi seorang hemophobic, melihat darah dapat memicu rasa anxiety dan panik, bahkan tak jarang mereka jatuh pingsan. Seseorang dengan hemophobia umumnya akan memiliki jenis phobia lainnya seperti Tomophobia, Nosophobia, Belenophobia (rasa takut terhadap jarum suntik), dan Trypanophobia (rasa takut terhadap suntikan). ** Baca juga: Beberapa Kebiasaan yang Tanpa Disadari Berdampak Negatif pada Kesehatan

Fobia kesehatan bisa diatasi dengan menjalani rangkaian treatment, serta dukungan dari orang-orang terdekat.(ilj/bbs)