oleh

5 Fakta Raja Thailand yang Karantina Bersama 20 Selir di Hotel Mewah

Kabar6-Gaya Raja Thailand Maha Vajiralongkorn saat melakukan isolasi diri menjadi sorotan. Bagaimana tidak, pria itu melakukan karantina di sebuah hotel mewah yang berada di pegunungan Alpine, Jerman, bersama 20 selirnya.

Disebutkan, Raja Maha Vajiralongkorn membawa ratusan pengawal dari Thailand untuk melayani segala kebutuhannya di sana. Kabarnya, hal itu sempat menimbulkan kemarahan rakyat.

Sayang, rakyat tidak bisa sembarangn mengkritik keluarga kerajaan karena ada aturan lèse majesté. Melansir Wolipop, berikut lima fakta tentang Raja Thailand Maha Vajiralongkorn:

1. Penobatan
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn resmi dinobatkan sebagai pemimpin tertinggi monarki negara tersebut pada Mei 2019, menggantikan sang ayah, Bhumibol Adulyadej, yang wafat tiga tahun sebelumnya.

Ketika prosesi penobatan, Raja Maha Vajiralongkorn telah berusia 66 tahun, dan menerima Mahkota Kemenangan, merupakan salah satu tanda kerajaan Thailand. Mahkota tersebut memiliki berat 7,3 kg.

2. Pendidikan
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn adalah anak kedua sekaligus putra pertama Ratu Sirikit dan Raja Bhumibol Adulyadej. Ia pernah bersekolah di Inggris dan Australia, lalu menjalani pelatihan militer di Royal Military College di Canberra.

Raja Maha Vajiralongkorn lalu diangkat sebagai perwira di angkatan bersenjata Thailand dan mengantungi kualifikasi sebagai pilot pesawat sipil dan pesawat tempur. Ia resmi menjadi putra mahkota dan penerus resmi tahta kerajaan pada 1972.

3. Playboy
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn dikenal sebagai seorang playboy, dan hingga saat ini ia sudah empat kali menikah. Istri keempatnya, Suthida Vajiralongkorn Na Ayutthaya, merupakan mantan pengawal yang disebut-sebut juga sebagai selingkuhannya dulu. Raja Maha Vajiralongkorn sendiri memiliki tujuh orang anak.

Di sisi lain, Raja Maha Vajiralongkorn tetap memiliki selir kesayangan, Sineenat Wongvajirapakdi, yang menerima gelar selir bangsawan oleh Kerajaan Thailand pada Juli 2019, namun akhirnya dicopot beberapa bulan kemudian karena masalah kecemburuan.

4. Peduli pada umat muslim
Terlepas dari kontroversinya, Raja Thailand Maha Vajiralongkorn memiliki citra yang baik di mata umat muslim Thailand. Ia dikenal sangat peduli dengan pemeluk kaum minoritas di Negeri Gajah Putih.

Raja sering menghadiri acara-acara keagamaan umat Islam, seperti Musabaqah Tilawatil Quran, serta peresmian sekolah-sekolah Islam.

“Kalau ada acara berdoa, beliau sendiri turut mengangkat tangan. Biasanya orang-orang Buddha mengambil sikap biasa saja, tidak mengangkat tangan untuk acara orang Islam. Kalau raja ini turut mengangkat tangan,” kata Amad Omar Chapakia, Wakil Rektor Universitas Fatoni, Patani, Thailand selatan.

5. Karantina
Soal isolasi dirinya yang kontroversial itu, Raja Thailand Maha Vajiralongkorn dikabarkan menginap di Grand Hotel Sonnenbichl di Garmisch-Partenkirchen, Jerman. Hotel mewah tersebut berada di dekat pegunungan Alpine. ** Baca juga: Gara-gara Lockdown, Banyak Warga Inggris yang Punya Model Rambut Aneh

Namun belum diketahui apakah sang istri turut serta bersama Raja Maha Vajiralongkorn. Kabarnya, ada 119 pengawal Raja yang terpaksa dipulangkan ke Thailand karena diduga mengalami penyakit pernapasan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru