oleh

5 Fakta Menarik Tentang Tubuh

Kabar6-Mungkin selama ini Anda merasa sudah mengenal anggota tubuh secara keseluruhan, meskipun tidak secara detail. Namun tahukah Anda, ternyata masih banyak hal seputar tubuh yang ternyata belum diketahui?

Apa saja sih fakta menarik seputar tubuh? Melansir Womantalk, ini lima fakta yang dimaksud:

1. Anda lahir dengan banyak sekali sel telur
Anda punya 6-7 juta sel telur saat Anda masih sebesar pisang di perut ibu. Tapi setelah itu, angkanya menurun sangat drastis. Setelah lahir, Anda punya 1-2 juta sel telur.

Kemudian saat puber mendekati 400 ribu, dan saat Anda berusia 37 tahun punya 25 ribu. Bahkan saat menopause di sekira usia 51 tahun, wanita bisa punya sekira 1.000 sel.

2. Payudara kiri Anda biasanya lebih besar
Asimetri payudara sangat lumrah dan biasanya yang kiri lebih besar di antara keduanya. Sebuah penelitian menemukan hal tersebut ditemukan pada 62 persen wanita.

3. Otot wanita itu hebat
Pria mungkin lebih kuat, tapi otot wanita bertahan tetap kuat lebih lama dan sembuh lebih cepat. Otot wanita lebih tidak cepat lelah dibanding pria. Mereka dibuat untuk pertahanan dan disertai stamina yang mantap.

4. Kram saat menstruasi mempengaruhi otak
Tidak hanya rasa sakit pada rahim semata, kram menstruasi juga mengacaukan kemampuan otak Anda untuk berfungsi secara optimal.

Peneliti meminta beberapa wanita menjalani tes kognitif untuk mengukur daya tahan perhatian, selektif, perhatian yang terbagi, dan pergantian perhatian. Hasilnya, kram menghambat kecepatan dan akurasi mereka dalam menjalani tes dibanding saat mereka tidak merasa sakit.

5. Seks tingkatkan sistem imun tubuh
Anda punya antibodi bernama IgA yang ada di dalam hidung dan rongga pernapasan. Mereka menyerang virus pilek dan flu saat Anda pertama kali terekspos, kemudian memperingati seluruh sistem imun Anda.

Peneliti di Wilkes University menemukan bahwa orang yang berhubungan seks sekali atau dua kali seminggu punya IgA 30 persen lebih tinggi dibanding mereka yang tidak melakukannya sesering itu atau tidak sama sekali. ** Baca juga: Studi: Pria yang Tergantung Secara Finansial Terhadap Pasangannya Cenderung Berselingkuh

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru