oleh

5 Diet Populer yang Disebut Efektif Turunkan Berat Badan

Kabar6-Menjalankan diet dipercaya dapat menurunkan berat badan secara efektif. Dan kini semakin banyak jenis diet yang membuat orang harus memilih dengan benar agar memberi hasil yang diinginkan.

Memilih jenis diet dengan memperhatikan pilihan makanan yang baik untuk kondisi kesehatan sangat penting dilakukan, agar nantinya tidak memberikan efek buruk bagi tubuh. Melansir CNN Indonesia, berikut ini jenis diet yang disebut efektif untuk menurunkan berat badan:

1. Diet mediterania
Dalam diet ini yang perlu dihindari adalah gula, garam, daging merah, minyak olahan, dan junk food. Kunci diet mediteranian dengan mengonsumsi ikan dan seafood, sayuran, telur, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, keju feta, roti berbahan dasar gandum, greek yoghurt, cokelat hitam, serta minyak zaitun. Untuk daging ayam dan unggas bisa dimakan sesekali dan banyak minum air putih.

2. Diet vegan
Diet vegan tidak mengonsumsi daging (termasuk unggas dan ikan), telur dan produk susu. Diet ini bisa mengurangi jumlah lebih lemak jenuh, kolesterol, dan kadar gula dalam darah. Namun jika melakukan diet vegan tidak tepat, bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh hingga malnutrisi.

Risiko nutrisi yang berkurang saat menjalani diet vegan adalah vitamin B12, vitamin D, yodium, zat besi, kalsium, seng, dan asam lemak omega-3. Jika kekurangan nutrisi tubuh dapat lelah, untuk itu bisa mengganti asupan nutrisi seperti kacang, susu almond, tempe, tahu, dan nasi.

3. Diet paleo
Diet paleo atau diet manusia gua ini berdasarkan konsep pola makan alami yang dilakukan nenek moyang saat masa berburu dan meramu. Dengan mengonsumsi makanan utuh dan alami, akan memberikan manfaat bagi kesehatan termasuk menurunkan berat badan.

Diet ini menghindari gula rafinasi, produk susu, kacang-kacangan dan biji-bijian, dan tentunya segala makanan yang melewati proses pengolahan yang panjang. Mereka percaya bahwa orang jatuh sakit akibat gaya hidup modern dan makanan olahan.

4. Diet keto
Pelaku diet keto banyak mengonsumsi lemak dan protein dan mengurangi karbohidrat. Tujuan diet keto agar kondisi tubuh seseorang menggunakan lemak sebagai sumber energi utama. Lemak yang dimaksud adalah lemak baik yang berasal dari alpukat, kelapa, kacang-kacangan, telur, keju, susu, yoghurt, biji-bijian, minyak ikan, dan minyak zaitun.

Untuk sayuran yang dihindari seperti wortel dan kentang karena mengandung tinggi pati. Ada beberapa versi dari diet ketogenik, di antaranya diet ketogenik standar (SKD) yang sangat rendah karbohidrat, berprotein sedang, dan tinggi lemak.

Diet ketogenik siklis (CKD) yaitu melibatkan konsumsi karbohidrat tinggi, seperti 5 hari diet konsumsi lemak, lalu 2 hari konsumsi tinggi karbohidrat. Terakhir, diet ketogenik protein tinggi atau diet ketogenik yang berlaku secara umum, tetapi tetap harus konsumsi lebih banyak protein.

5. Diet rendah karbohidrat
Diet rendah karbohidrat cukup populer untuk membantu menurunkan berat badan. Diet rendah karbohidrat ini bukan berarti memutus karbohidrat, tapi cukup dibatasi karena keberadaannya sangat penting sebagai sumber energi utama.

Asupan energi berasal dari jus buah dan smoothie, sayuran hijau, telur, buah-buahan, ikan dan seafood, atau daging tanpa lemak. Hasil diet rendah karbohidrat efektif memangkas lemak di tubuh serta menekan nafsu makan. ** Baca juga: Meeting Online Secara Berlebihan Berdampak pada Kesehatan Mental?

Jenis diet mana yang ingin Anda jalankan?(ilj/bbs)

Berita Terbaru