oleh

5 Camilan yang Bantu Kendalikan Nafsu Makan

Kabar6-Selama pandemi COVID-19, mau tidak mau Anda harus berada di rumah, dan hanya keluar saat ada kepentingan mendesak. Dan tanpa disadari, pola makan pun menjadi berubah, sebagian orang lebih sering mengemil.

Kebiasaan ini tentu saja tidak sehat, karena salah satunya dapat membuat berat badan semakin bertambah. Lantas, bagaimana solusinya? Melansir Menshealth, berikut lima camilan yang dapat membantu mengendalikan nafsu makan Anda selama di rumah:

1. Alpukat
Sebuah penelitian pada 2013 menemukan, orang dewasa dengan berat badan berlebih yang mengonsumsi setengah buah alpukat dapat mengurangi rasa lapar hingga sekira 40 persen.

Hal ini karena alpukat mengandung lemak tidak jenuh tunggal dan serat yang dapat membuat Anda merasa kenyang. Selain itu, lemak tidak jenuh tunggal ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL.

2. Popcorn yang ditaburi keju parmesan
Sebuah penelitian menemukan, orang yang mengonsumsi enam mangkuk popcorn (hanya mengandung 100 kalori) merasa tidak terlalu lapar dan merasa lebih kenyang dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi semangkuk keripik kentang (150 kalori) atau bila dibandingkan dengan orang yang hanya mengonsumsi air putih.

Popcorn mengandung gandum, namun pastikan Anda tidak membeli popcorn yang mengandung banyak lemak trans. Buatlah sendiri popcorn atau beli popcorn yang tidak diasinkan, kemudian taburkan keju permesan di atasnya sebagai pengganti mentega atau garam.

3. Apel
Berdasarkan sebuah penelitian di Amerika, mengonsumsi apel dapat membantu mengurangi rasa lapar. Para peneliti mengatakan, hal ini karena apel mengandung serat. Selain itu, makanan padat juga akan membuat seseorang merasa lebih kenyang ketimbang cairan dan mengunyah buah segar pun akan membuat Anda merasa lebih kenyang.

4. Greek yoghurt dengan flaxseed
Karena mengandung banyak protein, greek yoghurt dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Selain itu, greek yoghurt juga mengandung banyak kalsium.

Sebuah penelitian di Eropa yang dilakukan pada 2013 membandingkan dua kelompok peserta penelitian berdasarkan berapa banyak produk olahan susu yang mereka konsumsi.

Para peneliti menemukan, para peserta penelitian pada kedua kelompok tersebut memiliki berat badan yang sama, tetapi kelompok yang mengonsumsi lebih banyak produk olahan susu mengatakan bahwa mereka merasa lebih kenyang selama berdiet.

Diet yang terdiri dari berbagai produk olahan susu dapat membantu meningkatkan kadar hormon tertentu di dalam usus seperti peptida YY yang dapat menurunkan nafsu makan seseorang.

Selain itu, menambahkan dua sendok makan flaxseed juga dapat meningkatkan manfaat camilan ini bagi kesehatan Anda. Sebuah penelitian di Denmark menemukan, flaxseed mengandung omega 3 yang juga dapat mempengaruhi hormon yang mengatur nafsu makan seseorang seperti ghrelin.

5. Cokelat hitam yang bertabur kacang
Sebuah penelitian menemukan, saat seorang pria mengonsumsi 100 gram cokelat hitam 70 persen, mereka tidak merasa terlalu ingin mengonsumsi makanan manis ataupun gurih dan justru mengonsumsi lebih sedikit kalori (17 persen lebih sedikit) dua jam kemudian dibandingkan dengan pria lain yang mengonsumsi susu cokelat.

Hal ini karena cokelat hitam dicerna lebih lambat oleh tubuh. ** Baca juga: Pakai Sarung Tangan Saat Belanja Tidak Terlalu Diperlukan?

Sebuah penelitian pada 2013 menemukan, kacang juga dapat sangat membantu menurunkan nafsu makan seseorang hingga 8-12 jam karena mengandung kombinasi protein dan lemak yang tepat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru