oleh

5 Buah-buah yang Bantu Turunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kabar6-Kolesterol adalah lemak yang berguna bagi tubuh. Namun bila kadarnya dalam tubuh terlalu tinggi, kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah dan mengganggu aliran darah.

Pola makan berdampak besar pada kadar kolesterol tinggi maupun rendah. Salah satu solusinya, Anda bisa mengonsumsi beberapa buah yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Melansir ndtv, ini lima buah yang dimaksud:

1. Alpukat
Alpukat sangat dianjurkan untuk orang dengan tekanan darah tinggi, karena merupakan sumber antioksidan yang kaya vitamin K, C, B5, E dan lemak tak jenuh.

Kandungan tersebut bisa membantu menjaga jantung tetap sehat dan mengurangi risiko stroke. Selain itu, alpukat juga bisa mengatur kadar kolesterol LDL, HDL dan trigliserida darah.

2. Tomat
Tomat termasuk golongan buah kaya vitamin A, B, K dan C, yang bagus untuk mata, kulit dan jantung Anda. Tomat juga kaya kalium yang bagus untuk kesehatan jantung dengan menurunkan kolesterol, tekanan darah dan risiko stroke.

3. Apel
Apel adalah buah yang sangat bermanfaat untuk kulit dan pencernaan. Ternyata apel juga bisa membantu mengatur kadar kolesterol. Menurut buku Healing Foods, kandungan serat pektin dalam apel membantu mengurangi kadar kolesterol LDL dan memperlambat oksidasi.

Diketahui, dua hal itu merupakan faktor risiko atherosclerosis dengan tanda-tanda arteri mengeras. Selain itu, kandungan polifenol juga menjaga kesehatan jantung dan mencegah radikal bebas yang menyebabkan kerusakan otot jantung serta pembuluh darah.

4. Jeruk
Golongan buah jeruk seperti lemon, jeruk nipis dan jeruk bali juga bisa mengontrol kadar kolesterol jahat yang tinggi. Hal ini karena jeruk mengandung hesperidin yang bisa mengurangi gejala hipertensi, senyawa pektin (serat) dan limonoid.

Selain itu, jeruk juga memperlambat aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah) dan mengurangi kolesterol LDL di darah. Bahkan kandungan flavon antioksidan bisa menurunkan risiko stroke pada wanita. ** Baca juga: Apa Sebab Tubuh Bereaksi Aneh Saat Anda Jatuh Cinta?

5. Pepaya
Pepaya sebagai buah kaya serat dapat membantu mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu buah pepaya memiliki sekira 13-14 gram serat, yang merupakan jumlah layak. Serat juga memastikan pencernaan lebih lancar dan melancarkan BAB.

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru