oleh

5 Alasan Mengapa Anda Harus Fokus pada Pernapasan Saat Olahraga

Kabar6-Olahraga tidak hanya melulu tentang kalori yang dibakar atau gerakan tubuh. Lebih dari itu, saat berolahraga ada hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu cara bernapas.

Mengapa pernapasan dalam olahraga ada hal yang penting? Karena teknik pernapasan yang tepat dapat membantu menjaga fungsi tubuh Anda dan mendapatkan manfaat dari olahraga. Melansir WebMd, berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus fokus pada pernapasan saat berolahraga:

1. Bantu otot bekerja lebih efisien
Hanya pernapasan yang tepat dapat memastikan bahwa otot mendapatkan oksigen yang dibutuhkan agar memberikan energi dan kekuatan untuk membantu Anda dalam melakukan aktivitas fisik.

Pernapasan yang baik membantu dalam membuat otot-otot menjadi lebih efisien, sehingga mereka dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, mereka yang bernapas dengan sempurna, dapat menjalani olahraga dengan lebih baik dibanding mereka yang melakukan teknik pernapasan yang tidak benar.

2. Menghasilkan lebih banyak oksigen
Saat melakukan aktivitas berat, Anda mungkin perlu untuk bernapas dalam dari mulut Anda. Hal ini berguna untuk memasok lebih banyak oksigen ke tubuh. Suplai oksigen melalui hidung mungkin tidak cukup untuk otot Anda.

Perlu diingat bahwa semakin berat aktivitas olahraga Anda, semakin besar suplai oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh. Pernapasan yang berirama juga membantu memberikan lebih banyak oksigen juga.

3. Membantu menjaga ritme pernapasan Anda
Hal ini penting untuk menjaga ritme pernapasan Anda saat berolahraga. Misalnya, mereka yang menjalankan ritme 3:2 atau 2:1 perbandingan menghirup dan menghembuskan napas.

Dengan cara ini Anda akan menghirup lebih banyak oksigen dan kemudian mendorong keluar semua karbon dioksida. Anda juga harus berlatih pernapasan perut yang memungkinkan Anda menarik lebih banyak oksigen ke dalam tubuh.

4. Bantu turunkan detak jantung Anda
Pernapasan berirama juga membantu menurunkan detak jantung, sehingga tidak membuat jantung Anda bekerja terlalu berat. Asupan oksigen yang tepat dengan pernapasan yang tepat membantu membakar lemak tubuh lebih cepat, sehingga membantu dalam penurunan berat badan, terutama ketika Anda minum dalam jumlah air yang tepat.

5. Bantu menghindari kelelahan
Jika otot kekurangan oksigen, maka Anda akan sulit menyelesaikan olahraga. Asupan oksigen yang tidak kuat ke otak dan otot-otot akan mengarah ke kelelahan. Untuk meningkatkan stamina, penting untuk menghirup oksigen yang cukup melalui napas panjang. ** Baca juga: Gaya Hidup Harian yang Bisa ‘Undang’ Penyakit

Mengatur pernapasan dengan cara tepat akan membantu olahraga Anda menjadi lebih lancar dan manfaatnya maksimal.(ilj/bbs)

Berita Terbaru