oleh

5.200 Personel Gabungan Amankan Libur Natal dan Tahun Baru di Banten

Kabar6-Sebanyak 5.200 personel gabungan dari Polri, TNI dan instansi lainnya diterjunkan menjaga libur Natal dan Tahun Baru.

Lokasi yang menjadi fokus penjagaan berada di 62 rumah ibadah yang akan dijadikan perayaan Natal. Kemudian Pelabuhan Merak, Terminal Terpadu Merak (TTM) dan lokasi keramaian lainnya, dari tindak premanisme dan kejahatan.

Penjagaan dilakukan dengan mendirikan 112 pos pengamanan (pospam) dan 45 pos penegakan dan pengaturan lalulintas (gatur lalin), terutama di lokasi wisata.

“Sudah kita proses, sudah lima orang. Operasi pekat ini berkaitan dengan penyakit masyarakat, tapi ada motif tertentu yang akan kita dalami. Nanti akan kita kembangkan dengan kasus ini,” kata Brigjen Pol Tomsi Tohir, Kapolda Banten, Sabtu (22/12/2018).

Lantaran, pada Rabu 19 Desember 2018 lalu, dua orang jurnalis yang akan meliput Dirjen Perhubungan Darat (Hundar), Budi Setiyadi, dikeroyok oleh preman dan calo di TTM.

“Untuk antisipasi kejahatan, kita sudah mengevaluasi beberapa peristiwa yang didahului dengan pelaku ini, jika tidak memakai narkoba, meminum miras,” jelasnya.

Lokasi rawan kemacetan wisata berada di gerbang tol Cikupa, jalanan Cikande, gerbang tol Cilegon timur dan daerah Merak di Kota Cilegon.

“Gereja dan tempat ibadah yang sudah kita floating untuk pengamanannya. Titik nya banyak, antara lain tempat wisata, pelabuhan,” katanya.**Baca Juga: Diduga, Chat WA Camat Bayah Dukung Caleg Beredar di Medsos.

Mantan Wakapolda Lampung meminta masyarakat yang rumahnya berdampingan dengan tempat ibadah, untuk bersama-sama menjaga toleransi dan keamanan bersama petugas gabungan.

“Masyarakat yang berdampingan denga rumah ibadah, diminta untuk sama-sama menjaga lingkungan nya dengan baik,” ujarnya.(dhi)

Berita Terbaru