oleh

48 Guru Se-Provinsi Banten Ikuti Pelatihan Training of Trainer USAID Prioritas

Kabar6-USAID Prioritas Banten kembali menggelar pelatihan untuk fasilitator program pelatihan guru SMP dan MTS se-Provinsi Banten, (Training of Trainer).

 

Pelatihan yang diikuti oleh 48 guru dari 98 sekolah yang terseleksi itu, diadakan selama empat hari, di salah satu hotel di kawasan Tangerang, dan berakhir Sabtu (15/4/2015).

 

Anna Liwun, Provincial Communications Specialist, USAID Prioritas Banten menjelaskan, “USAID Prioritas adalah program lima tahun yang didanai oleh USAID Amerika, yang diimplementasikan oleh Research Triangle Institute (RTI), Education Development Center (EDC), dan World Education. USAID Prioritas dirancang untuk meningkatkan akses pendidikan dasar berkualitas di Indonesia”.

 

Lebih jelasnya Anna mengatakan bahwa program USAID Prioritas secara khusus, untuk meningkatkan kualitas dan relevansi pembelajaran di sekolah, meningkatkan tata kelola dan manajemen pendidikan di sekolah baik di kabupaten atau kota. Serta meningkatkan dukungan koordinasi di dalam dan antar sekolah, lembaga pendidikan dan pemerintah di semua jenjang.

 

Menurut salah seorang fasilitator Program USAID Prioritas, Niky Noberta, yang juga seorang pengawasan dinas pendidikan Kota Cilegon, mengungkapkan besarnya manfaat pelatihan program USAID Prioritas, baik untuk guru maupun siswa sekolah. ** Baca juga: Froggy Edutography BSD Hadirkan Multiple Intelligent Enrichment Centre

 

“Manfaatnya sangat terasa sekali, hasil nyata dari pelatihan ini akan terlihat pada saat digelarnya pameran tahunan sebagai bentuk laporan dari program USAID Prioritas. Dalam pameran tersebut, semua siswa dari guru yang telah mengikuti pelatihan akan memamerkan hasil karya mereka. Dari karya-karya tersebut, dapat dilihat manfaat dari pelatihan yang diikuti oleh para guru,” tutur Niky.

 

Niky juga memberi contoh keberhasilan MTS Pamulang, sebagai replikasi penerapan Modul Pembelajaran yang telah dikeluarkan oleh USAID prioritas. (asri)

Berita Terbaru