oleh

450 Kg Sisik Trenggiling Disita Petugas Bea dan Cukai Soetta

Kabar6-Petugas Bea dan Cukai Bandara Soekarno Hatta (Soetta) bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam DKI Jakarta, berhasil menyita 450 kilogram sisik trenggiling, yang dibawa dari Cibinong.

 

Rencananya, sisik trenggiling tersebut akan diselundupkan ke Hongkong, melalui jasa pengiriman barang. Untuk mengelabuhi petugas, pelaku sengaja memalsukan dokumen pengiriman, dengan menyebutkan bahwa barang yang dikirim adalah plastik, Selasa (26/5/2015)

 

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam DKI Jakarta, Awen Supranata, menyebutkan sisik trenggiling banyak diselundupkan karena harga jual binatang tersebut masih tinggi. Diketahui, sisik trenggiling mengandung zat kimia yang dapat digunakan untuk bahan pembuatan narkotika jenis sabu.

 

Sementara Kepala Bea dan Cukai Bandara Soekarno Hatta, Okto Irianto, menjelaskan bahwa satu kilogram sisik trenggiling memiliki harga jual sekitar Rp5 juta. Artinya, total nilai jual 450 kilogram sisik trenggiling yang diselundupkan kurang lebih sekitar Rp2 miliar. ** Baca juga: Rano Siap Periksa Ulang Ijazah PNS di Pemprov Banten

 

Kini sisik trenggiling hasil sitaan tersebut diserahkan ke  Balai Konservasi Sumber Daya Alam DKI Jakarta. (rani)

Berita Terbaru