oleh

44 Orang Tewas, Komnas HAM : Tragedi Kemanusiaan, Overcapacity Masalah Sistemik

Kabar6-Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menilai kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang yang menewaskan setidaknya sudah 44 orang merupakan tragedi kemanusiaan.

“Kita tentu saja pertama ya, menyampaikan prihatin. Ini sebenarnya tragedi, 40an orang meninggal itu bukan satu masalah ya, itu masalah kemanusiaan,” ujar Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik saat meninjau Lapas Kelas 1 Tangerang, Kamis (9/9/2021).

Taufan mengatakan, dirinya sudah mendapatkan penjelasan dari Kalapas Tangerang bahwa ada masalah disini tentang overcapacity. Tapi sebetulnya, kata Taufan, berdasarkan pengalaman Komnas HAM, pihaknya kerjasama dengan Dirjen Lapas memang diseluruh Indonesia sudah overcapacity.

“Dan itu persoalan yang sistemik. Kita harus melihat lebih luas bahwa itu ada kaitan dengan sistem pemidanaan terutama yang kaitan dengan narkoba, harus ada solusi untuk itu secara menyeluruh,” katanya.

“Secara teknis kami melihat ada kondisi dari bangunan ini 1980 dibangun dengan kondisi pada waktu itu mungkin membayangkan ada keadaan atau situasi yang jumlahnya besar, itu persoalan tadi yang kita liat,” tambahnya.

Taufan menegaskan, soal investigasi yang lebih dalam tentu pihaknya sudah kontak Kapolda untuk benar-benar melakukan satu penyidikan serius, mendalam untuk mencar penyebab, kenapa ini bisa terjadi.

**Baca juga: Satu Warga Tangerang Tewas dari Kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang

“Untuk sementara dikatakan bahwa ada korsleting listrik tapi Kepolisian, kami minta untuk melakukan satu penyidikan yang lebih mendalam, lebih objektif dan transparan sehingga semua masyarakat ini tau apa yang sebetulnya terjadi,” tandasnya. (Oke)

Berita Terbaru