oleh

40 Pemuda Tangerang Ikut Pelatihan Service Pendingin

Kabar6-Sebanyak 40 pemuda binaan Organisasi Kepemudaan (OKP) yang ada di Kota Tangerang, mengikuti pelatihan kewirausahaan bidang teknik pendingin, Senin (6/10/2014).

Ya, kegiatan yang digelar pihak Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporbudpar) setempat, di SMKN 8 Kecamatan Jatiuwung ini, kiranya merupakan agenda rutin, dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM para pemuda, sebagai upaya pemerintah mengentaskan tingkat pengangguran.

“Ya, dalam pelatihan ini kami juga melibatkan tenaga ahli dari API (Asosiasi Pendingin Indonesia, red) serta guru di SMKN 8, karena sekolah ini,  notabennya adalah memang yang paling terfokus dalam jurusan/bidang tersebut,” ujar Wawan Fauzi, Kabid Pemuda Disporbudpar Kota Tangerang, Senin (6/10/2014).

Menurutnya, ada dua opsi peluang positif, yang kiranya bakal didapat para peserta, antara lain adalah, menjadi seorang wirausaha atau hanya sebagai pekerja.

“Bagi yang memilih wirausaha, setelah selesai mengikuti pelatihan dan dirasa sudah menguasai, kami juga akan membekali mereka dengan modal usaha, berupa alat kerja pokok. Sedangkan, untuk yang memilih menjadi pekerja akan disalurkan melalui API tersebut,” jelas Wawan.

Wawan menambahkan, rendahnya tingkat kerumitan dan tingginya potensi pangsa pasar dalam bidang tersebut, rupanya menjadi alasan tersendiri, untuk menghindari pekerjaan yang sia-sia. **Baca juga: Penutupan M1, Walikota: AP II Jangan Egois.

“Karena memang tidak terlalu rumit. Karena kan ini sifatnya hanya teknis service (perbaikan), jadi bukan merakit. Dan tahun lalu, bidang ini juga sukses mencetak 80 peserta, bahkan ada beberapa yang mengabari telah sukses bekerja disebuah perusahaan,” pungkasnya.(ges)

Berita Terbaru