oleh

4 Tanda yang ‘Beritahukan’ Tubuh Anda Lelah

Kabar6-Ada banyak hal atau tanda yang terjadi di sekeliling kita, sayangnya sering kita abaikan, bahkan tidak dirasakan. Salah satunya adalah rasa lelah yang dirasakan oleh tubuh kita.

Tahukah Anda, tubuh akan memberikan sinyal ketika rasa lelah datang. Kurang tidur dan pekerjaan yang terlalu diforsir dapat membuat daya tahan tubuh menurun. Melansir Aura, berikut empat tanda yang beritahukan bahwa tubuh mulai lelah:

1. Rentan melukai diri sendiri
Saat tubuh lelah cenderung memiliki kesulitan mengingat dan melukai diri sendiri. Mengapa demikian? Penelitian menunjukkan, stres menyusut kemampuan tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Stres menyebabkan pelepasan bahan kimia (seperti kortisol dan glukokortikoid) yang dapat meninggalkan luka dan rentan terhadap infeksi.

2. Sering cemas
Letakkan tangan Anda pada bagian atas perut, tepat di bawah dada. Apakah mengencang seperti drum? Tanda ini sering muncul ketika mereka menghadapi serangan kecemasan.

Hal itu terjadi karena pernapasan dangkal, ketergantungan obsesif pada gusi, atau berceloteh gugup yang berlebihan. Satu-satunya cara mengatasinya adalah dengan mengurangi makanan Anda, stres pun berkurang.

3. Mimpi buruk saat tidur
Pernahkah Anda mengalami mimpi buruk saat tidur siang bahkan hanya sebentar? Ya, itu menjadi tanda bahwa Anda kurang tidur, sehingga berpengaruh pada otak.

4. Mengalami demensia di usia 30
Saat Anda lelah, pikiran tidak mampu menyimpan memori dengan cara yang seharusnya. Anda kehilangan fokus sehingga sulit menyimpan memori. ** Baca juga: Bagaimana Patah Hati Dijelaskan dari Sudut Ilmiah?

Jadi saat tubuh memberikan sinyal lelah, segeralah beristirahat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru