oleh

4 Manfaat Tersembunyi Tidur Tanpa Bantal

Kabar6-Tiap orang memiliki kebiasaan tidur yang berbeda-beda. Ada yang harus memakai bantal dan guling, tidak memakai selimut, lampu kamar harus terang, dan lain sebagainya.

Nah, bagaimana dengan kebiasaan tidur tanpa bantal? Ternyata, tidur tanpa menggunakan bantal memiliki sejumlah manfaat, lho. Melansir beberapa sumber, ini beberapa manfaat tidur tanpa bantal:

1. Perbaiki postur tubuh
Tidur tanpa menggunakan bantal dapat membuat bentuk tulang belakang menjadi lurus, karena letak leher sampai pinggang akan setara. Jadi, Anda bisa memperbaiki postur tubuh menjadi lebih baik.

2. Cegah nyeri pada leher dan punggung
Selain memperbaiki postur tubuh, tidur tanpa bantal juga mampu mencegah timbulnya nyeri pada leher dan punggung. Ini disebabkan karena posisi leher yang lurus dan postur tubuh yang sejajar sehingga istirahat Anda pun menjadi lebih berkualitas. Jika seluruh tubuh dalam posisi rileks, tentu nyeri pada leher dan punggung tidak akan dirasakan.

3. Kurangi alergi
Saat menggunakan bantal, partikel-partikel kecil seperti debu pun bisa menempel pada permukaan bantal sehingga bisa saja memicu alergi. Jika Anda tidur tanpa bantal, tentu debu maupun kotoran tidak akan langsung bersentuhan dengan kulit, sehingga alergi tidak kambuh.

4. Cegah jerawat dan kerutan pada wajah
Saat menggunakan bantal, Anda terbiasa menempelkan salah satu sisi wajah ke permukaan bantal. Padahal, bantal bisa saja merupakan tempat berkumpulnya debu dan kotoran serta perkembangbiakkan bakteri yang menjadi penyebab jerawat.

Kebiasaan ini juga dapat memungkinkan Anda memiliki kerutan karena tekanan kepala di bantal sepanjang malam. ** Baca juga: Begini Cara Simpan 8 Jenis Sayuran yang Benar

Jadi tidur tanpa bantal dapat meminimalisir timbulnya jerawat dan kerutan pada wajah, karena tidak bersentuhan langsung dengan permukaan bantal yang mungkin memiliki banyak kotoran dan bakteri.

Apakah Anda terbiasa tidur tanpa menggunakan bantal? (ilj/bbs)

Berita Terbaru