oleh

4 Makanan Sehat yang Disebut Justru Merusak Kulit

Kabar6-Selain membuat kulit sehat, beberapa makanan juga dapat merusak kulit. Makanan yang tidak baik bisa merusak kulit, bahkan sama buruknya dengan efek merokok.

Hal ini karena makanan tersebut dapat menyebabkan peradangan, memicu stres oksidatif dan pada gilirannya dapat merusak kolagen dan DNA yang membuat Anda terlihat lebih tua. Melansir Prevention, ini lima makanan yang mungkin dikatakan sehat, ternyata dapat merusak kulit:

1. Kue beras
Kue beras ternyata dapat menyebabkan kenaikan gula darah yang melonjak tinggi, hal ini akan mempercepat pembentukan keriput. Ketika gula masuk ke tubuh, ia dipecah menjadi glukosa, yang kemudian disebut dengan proses glycation.

Proses ini membuat kolagen yang ada di dalam kulit bertambah keras sehingga mengurangi kelenturan kulit, sehingga menyebabkan kulit menjadi keriput dan tidak elastis lagi.

2. Sereal
Makan sereal memang baik, karena biasanya terbuat dari gandum utuh yang rendah lemak. Namun saat ini untuk menarik banyak konsumen, beberapa produk sereal ditambahkan dengan banyak gula, bahkan gula buatan. Padahal, gula yang berlebihan dapat mempercepat pembentukan keriput dan membuat Anda menjadi gemuk.

3. Margarin
Lemak memang sangat penting untuk menjaga kulit lentur. Namun sebuah studi dalam Journal of American College of Nutrition menemukan bahwa asupan tinggi margarin dikaitkan dengan peningkatan kerutan kulit.

4. Minuman manis
Banyak minuman manis seperti jus, soda dan smoothies yang biasanya dikemas dengan kandungan gula sangat tinggi. Nah, kandungan gula yang berlebihan dapat mempercepat pembentukan keriput. ** Baca juga: Menurut Psikolog, Foto yang Sering Anda Posting di Instagram Punya Arti Sendiri

Jadi, batasi atau kurangi makanan yang terlalu manis atau terlalu berlemak agar kulit tetap sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru