oleh

4 Jenis Cacing yang Sering Dijadikan Makanan, Penasaran Mencoba?

Kabar6-Cacing sering dianggap sebagai hewan yang menjijikkan, bahkan sebagian orang sangat takut pada hewan melata ini.

Namun mungkin tidak banyak orang yang mengetahui bahwa cacing ternyata dapat diolah dan diramu menjadi hidangan yang sangat lezat. Melansir berbagai sumber, ini dia cacing-cacing yang bisa dijadikan makanan:

1. Cacing Palolo
Cacing palolo adalah family dari Eunicidae atau biasa disebut cacing rambut. Hewan ini hidupnya di pantai pasifik bagian selatan dengan nama binomial Palola viridis, warnanya merah agak oranye.

Beberapa makanan yang terbuat dari cacing palolo sangat banyak ditemukan di daerah kepulauan Fiji. Penduduk di sana justru memelihara dan mengembangbiakkan cacing tersebut dengan tujuan untuk dijadikan makanan bagi keluarga mereka maupun untuk usaha bisnis.

2. Cacing Palawan
Cacing asli Palawan banyak ditemukan di daerah Filipina. Penduduk di sana biasa mendapatkan cacing ini dari permukaan laut dan di dalam batang pohon di hutan. Makanan yang terbuat dari cacing Palawan ini disebut Tamilok dengan rasa yang asin, tak pedas dan penuh dengan lendir.

3. Cacing Wawo
Meskipun terlihat menjijikkan, cacing Wamo mengandung banyak protein. Nama makanan yang terbuat dari cacing ini adalah cacing Wawo goreng.

Cara membuatnya, cacing terlebih dahulu direndam menggunakan garam dan irisan bawang putih secukupnya (tergantung dari banyaknya cacing). Setelah itu, cacing dibersihkan kemudian digoreng.

Jika makanan ini dibuat dengan cara yang tepat akan menghasilkan cacing Wawo goreng yang gurih dan nikmat.

4. Cacing Tanah
Cacing tanah menyimpan kandungan Enzim Selulose. Cacing ini kabarnya bisa dibuat sebagai jus sehat, tentu saja sebelumnya harus dibersihkan, lalu diblander dan ditambahkan susu. ** Baca juga: Bikin Takjub, Joaquim Diklaim Punya Mulut Terlebar di Dunia

Berani mencoba? (ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru