oleh

4 Hal yang Terjadi Ketika Anda Makan Terburu-buru Saat Buka Puasa

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Tidak sedikit orang yang makan terburu-buru saat berbuka puasa, entah itu karena merasa sangat lapar setelah seharian perut dalam kondisi kosong, atau memang terbiasa makan dengan cara seperti itu.

Hal yang sebaiknya Anda ketahui, makan terburu-buru saat berbuka puasa berbahaya bagi kesehatan. Mengapa demikian? Dikutip dari Okezone, berikut adalah empat hal yang akan terjadi ketika Anda makan terburu-buru saat berbuka puasa:

1. Cenderung makan berlebihan
Saat Anda makan terburu-buru, perut tidak punya cukup waktu untuk memberi sinyal ke otak kapan harus berhenti. Akibatnya, Anda akan cenderung makan berlebihan.

2. Tidak menikmati makanan
Ketika makan terburu-buru, Anda tidak bisa memberikan kenikmatan yang diharapkan. Tekstur, rasa, warna, dan aroma makanan harus Anda rasakan agar sinyal kenyang dapat disadari sebelum telanjur makan berlebihan.

3. Picu penambahan berat badan
Makan dengan terburu-buru cenderung membuat Anda makan berlebihan, sehingga menyebabkan penumpukan kalori yang akan menjadi lemak. Akibatnya, berat badan pun bergerak naik.

4. Gangguan pencernaan
Beberapa masalah lain seperti perut kembung dan cegukan juga dapat terjadi ketika Anda makan terburu-buru. Menurut penelitian, makan cepat dapat menyebabkan penyakit ‘gastroesophageal reflux’ yaitu masalah pencernaan yang bisa memicu rasa sakit tajam di dada. Dalam kasus-kasus serius, penyakit ini dapat mengakibatkan penyempitan kerongkongan. ** Baca juga: Mitos Atau Fakta, Kunyah Makanan Harus 32 Kali

Berbukalah dengan makanan dan minuman secukupnya, karena hal-hal yang berlebihan pun tidak disarankan oleh agama.(ilj/bbs)

Berita Terbaru