oleh

4 Hal yang Diturunkan dari Orangtua

Kabar6-Memang tidak semua aspek dalam hidup Anda dipengaruhi oleh orangtua. Hal ini karena lingkungan dan orang-orang di sekitar juga bisa menjadi penyebabnya.

Namun terdapat beberapa hal, termasuk urusan berat badan, yang ternyata disebabkan karena keturunan orangtua. Apa saja itu? Melansir Womantalk, ini empat hal yang dimaksud:

1. Berat badan
Ada dua jenis lemak dalam tubuh Anda, yaitu lemak ‘baik’ yang meningkatkan metabolisme dan membantu mempertahankan berat badan sehat, serta lemak ‘jahat’ yang dapat menyebabkan obesitas dan penyakit jika jumlahnya terlalu banyak.

Menurut temuan studi Nature Communications, ibu mungkin mewarisi jumlah lemak baik dalam tubuh Anda, sementara ayah justru bertanggung jawab atas jumlah lemak buruk di tubuh.

Menurut para peneliti, berapa banyak lemak yang Anda simpan, terutama di sekitar organ, mungkin sebagian ditentukan oleh gen yang diturunkan dari ayah Anda. Meskipun begitu, genetika bukan takdir dalam hal berat badan, karena gaya hidup juga memainkan peran yang lebih besar.

2. Kemampuan untuk fokus
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam JAMA Psychiatry, apabila ibu memiliki kadar serotonin, zat kimia otak yang terkait dengan suasana hati, lebih rendah, maka Anda lebih mungkin mengembangkan gangguan attention-deficit hyperactivity disorder di kemudian hari.

Artinya, sulit atau mudahnya Anda untuk fokus sepertinya diturunkan oleh pihak ibu.

3. Tanda penuaan
Tanda penuaan yang terjadi pada Anda ditentukan oleh mitochondrial DNA atau mtDNA, gen yang hanya didapatkan dari ibu. Faktor-faktor lingkungan seperti paparan sinar matahari, merokok, dan diet yang tidak sehat, memang dapat menyebabkan kerusakan mtDNA.

Namun, menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Nature mengungkapkan, semakin banyak mtDNA dengan mutasi yang Anda warisi dari ibu, semakin banyak tanda penuaan akan terlihat, seperti keriput dan rambut beruban.

4. Kesuburan
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Science, subur tidaknya seorang wanita ternyata dapat dipengaruhi oleh gen yang diwarisi dari ayahnya.

Dalam sel telur normal, bagian dari sel yang disebut centrioles akan dihilangkan sebagai bagian dari proses perkembangan alami. ** Baca juga: Macet Bisa Sebabkan Stres, Ini Penjelasannya

Namun, jika centrioles tidak hilang, yang seringkali karena disfungsi genetik karena keturunan dari ayahnya, maka wanita itu bisa saja tidak subur.(ilj/bbs)

Berita Terbaru